TANGSELIFE.COM – Laptop Lenovo ThinkBook 13x Gen 4 menjadi elektronik yang hadir dengan dukungan layar e-ink alias kertas elektronik pada cover atau penutup laptop.

Canggihnya Lenovo ThinkBook 13x Gen 4 diperlihatkan di pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat ada Selasa, 9 Januari 2024.

Dukungan layar e-ink pada cover laptop membuat Lenovo ThinkBook 13x Gen 4 nampak lebih menarik karena warna pada penutup tersebut bisa berubah warna.

Penutup layar laptop yang didukung oleh e-ink prism itu, secara teknik bisa menampilkan delapan warna berbeda dan memadukannya dalam pola apapun yang diinginkan pengguna.

Layar ini diklaim bisa menjembatani kesenjangan antara material tradisional dengan teknologi digital.

Pihak Lenovo mengatakan kalau teknologi e-ink di ThinkBook 13x Gen 4 bisa menunjang sampai 1.000 gambar yang berbeda, sehingga pengguna bisa membuat tampilan luar laptop sesuai keinginan.

Walaupun bukan menggunakan panel layar seperti layar utama laptop, e-ink prism bisa menampilkan gambar dengan jernih dan tajam.

Apalagi, teknologi ini juga hemat daya, sehingga dinilai Lenovo tidak akan memengaruhi masa pakai baterai laptop, meski laptop dalam keadaan mati.

Spesifikasi Lenovo ThinkBook 13x Gen 4

Laptop dengan layar e-ink sempat dipamerkan Lenovo melalui ThinkBook Plus Gen 4 pada tahun lalu.

Kali ini, Lenovo mencoba menerapkan e-ink pada seri ThinkBook 13x Gen 4 yang tipis, dengan ketebalan hanya 0,51 inci atau sekitar 13 mm.

Ukuran tersebut lebih kecil dibandingkan ThinkBook Plus Gen 4 17,7 mm.

Selain tipis, bodi Lenovo ThinkBood 13x Gen 4 juga ringan jika dibawa kemana pun. Hanya 2,2 pon atau sekitar 907 gram.

Dari segi spesifikasi, Lenovo ThinkBook 13x Gen 4 dilengkapi dengan layar utama 13,5 inci, dengan resolusi 2,8K dan refresh rate 120 Hz.

Dapur pacunya ditenagai dengan prosesor intel Core Ultra.

Pihak Lenovo menegaskan kalau laptop ini dibekali dengan daya sebesar 74 Whr.

Dengan kapasitas sebesar itu, ThinkBook 13x Gen 4 mampu memutar video sampai 21 jam atau browsing selama 11,4 jam.

Laptop ini juga didudukung dengan fitur Magic Bay yang memungkinkan penggunanya memasang aksesori modular tambahan yang didukung, seperti kamera, pengeras suara eksternal, hingga layar ekstra.

Sampai saat ini, Lenovo belum memberi bocoran terkait jadwal perilisan ThinBook 13x Gen 4.

Namun, laptop ini akan tersedia mulai kuartal pertama tahun 2024 dengan harga mulai dari 1.399 dollar AS atau sekitar Rp21 juta.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow