TANGSELIFE.COMWali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie bersama DPRD menggelar rapat Paripurna dengan pembahasan nota kesepakatan rancangan sementara kebijakan anggaran prioritas untuk tahun 2025, Kamis, 1 Agustus 2024.

Dalam kesempatan itu Benyamin Davnie menyampaikan sejumlah rancangan penggunaan anggaran untuk arah pembangunan tahun 2025 mendatang.

“Kesepakatan bersama kebijakan umum anggaran dan plafon prioritas anggaran, belum sampai detail, tapi ada beberapa prioritas yang disepakati yang menjadi arah pembangunan untuk tahun 2025,” kata Benyamin di Gedung DPRD Tangsel.

Ia menerangkan, terdapat beberapa program yang akan menunjang tercapai visi misi Tangsel Unggul pada tahun 2025 di antaranya pengembangan SDM, sarana dan prasarana perkotaan, dan mendorong investasi dari sektor perdagangan dan jasa.

“Kualitas pelayanan publik melalui inovasi tata kelola pemerintahan, itu yang kita sepakati,” tuturnya.

Sementara untuk belanja penggunaan anggaran, Pemkot Tangsel akan tetap mengalokasikan sektor prioritas sesuai dengan spending mandatory yang telah ditetapkan.

APBD Tangsel 2025 Capai Rp4,5 Triliun

Untuk sektor pendidikan, pada tahun 2025, Pemkot Tangsel mengalokasikan anggaran sebesar 20,25 persen.

Sedangkan untuk sektor kesehatan dialokasikan 20,71 persen dan belanja infrastruktur sebesar 29,49 persen.

“Alokasi untuk APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintahan) pengawasan itu sebesar Rp0,63 persen dan alokasi pendidikan dan kompetensi sebesar 0,56 persen,” terangnya

Benyamin menyebut, untuk tahun 2025 pihaknya memprioritaskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2025 mencapai Rp4,5 Triliun.

Untuk mencapai itu, pendapatan dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta pajak Hotel dan Restoran masih menjadi dominasi.

“Total APBD kita kurang lebih disepakati Rp4,5 triliun untuk di murni tahun 2025,” pungkas Benyamin.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Editor
Andre Pradana
Reporter