TANGSELIFE.COM – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kini memiliki motif batik Tangsel baru yang bernama Harmoni Filantropi.

Motif baru batik Tangsel ini hasil sayembara desain batik Tangsel 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tangsel dan Dekranasda Tangsel.

Desain motif batik Tangsel Harmoni Filantropi itu buah karya pemuda  bernama Rizki Risandi. Dia merupakan mahasiswa Magister Pendidikan Seni di Universiats Negeri Yogyakarta.

Rizki juga dikenal sebagai pemenang International Desgin Batik Competition yang diselenggarakan oleh Kinarya tahun 2022, juga karya-karyanya pernah dipakai untuk busana Keraton Cirebon.

Desain motif batik Tangsel milik Rizki itu dipilih dari hasil penilaian juri dan seleksi bersaing dengan 88 peserta lainnya.

Batik Tangsel
Motif Batik Tangsel baru hasil Sayembara Desain Batik 2024 yang dinamai Harmoni Filantropi. Foto: Dekranasda Tangsel

Ketua Dekranasda Tangsel Truetami Ajeng Pilar mengatakan, sayembara desain batik Tangsel itu sebagai ruang untuk melibatkan pemuda dan pelaku ekonomi kreatif dengan membuat sesuatu sebagai simbol Kota Tangsel.

“Sayembara Desain Batik ini adalah upaya berkesinambungan yang dilakukan untuk memberi ruang kepada pekerja ekonomi kreatif, utamanya desainer, fashion dan batik agar bisa berpartisipasi dalam mendesain batik kota ini,” papar Ajeng. 

Diketahui, gelaran sayembara desain batik Tangsel itu sudah dilakukan sejak 2022. Saat itu pemenang sayembara 1 adalah Dadit Pradono, pemenang 1 tahun 2023 Septi Rahmawati dan sayembara 2024 pemenang 1 adalah Rizki Risnadi.

Sementara pememang ke-2 tahun 2024 diraih oleh Putri Aiko dan pemenang ke-3 tahun 2024 diraih oleh Amy Suharti.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter