TANGSELIFE.COM- Apple diprediksi akan segera merilis iPhone 16 series pada bulan September 2024 mendatang.

Meski belum ada tanggal resminya, namun jika melihat pola peluncuran iPhone 15 series, maka perusahaan teknologi raksasa asal Amerika ini sepertinya akan merilis iPhone series terbaru pada 12 September 2024.

Selain itu, mengacu pada penjualan iPhone 15 tahun lalu, maka iPhone 16 series ini kemungkinan akan resmi dijual di pasar Indonseia seperti iBox yakni pada Oktober 2024 atau sebulan setelah rilis.

Menjelang peluncuran iPhone 16 series pada bulan depan, kini banyak rumor yang beredar terkait model desain, spesifikasi, hingga beragam fitur terbaru yang akan dimilikinya.

Untuk itu, berikut prediksi spesifikasi iPhone 16 series mulai dari chip yang digunakan, kamera, desain, dan harganya.

Bocoran Spesifikasi iPhone 16 Series

Bocoran Spesifikasi Baterai iPhone 16
iPhone seri 16 Pro Max Dikabarkan Memiliki Spesifikasi Baterai Tahan Lama

1. Chip

Diperkirakan empat model iPhone series baru ini akan ditenagai dengan chipset Apple generasi terbaru yakni A18.

Ini lebih canggih jika dibandingkan dengan iPhone 15 dan iPhone 14 yang menggunakan chip A17 Pro dan A16 Bionic.

Chip A18 ini datang dengan lebih banyak peningkatan kinerja, sehingga akan membuatnya lebih canggih dalam memproses fitur berbasi kecerdasan buatan atau (AI) dan mesin pembelajaran.

Berdasarkan bocoran yang beredar, nantinya chip A18 ini akan hadir dalam dua versi yakni A18 untuk model 16 reguler, sementara chip A18 Pro untuk model iPhone 16 Pro.

2. RAM dan penyimpanan

Rumor yang beredar memprediksi bahwa iPhone series terbaru akan dilengkapi dengan RAM berkapasitas 8GB, naik jika dibandingkan dengan iPhone 15 yang hanya memiliki RAM 6 GB.

Sementara, untuk kapasitas memori penyimpanannya masih sama dengan series-series sebelumnya, yakni mulai dari 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

3. Kamera

Kamera iPhone 16 Pro
Desain baru kamera vertikal iPhone series 16 Pro

Beberapa rumor tentang model iPhone 16 ini telah menjadi perbincangan publik, salah satunya adalah perubahan model kamera yang akan dibuat vertikal, tak lagi diagonal seperti sebelumnya.

Selain itu, diprediksi juga model kamera iPhone 16 pro akan dilengkapi tiga lensa dengan bentuk tonjolan kamera persegi.

Spesifikasi iPhone pro terbaru ini digadang-gadang akan dilengkapi lensa ultra wide dengan sensor 48 megapiksel.

Sementara, untuk kamera iPhone Pro Max terbaru bakal dilengkapi dengan sensor ultra wide 48 megapiksel dengan lensa hibrida delapan bagian, terdiri dari dua elemen kaca dan enam elemen plastik.

Berdasarkan prediksi yang beredar disebutkan bahwa iPhone seris Pro dan Pro Max terbaru ini bisa saja dilengkapi dengan lensa Telephoto 5x.

4. Desain

Berdasarkan analis layar Ross Young memprediksi bahwa iPhone 16 series ini akan tersedia dalam empat model, yakni iPhone reguler dengan layar 6,1 inci, iPhone plus laray 6,7 inci, iPhone Pro layar 6,3 inci, dan iPhone Pro Max layar 6,9 inci.

Melansir dari beberapa sumber, model iPhone series baru ini akan mengadopsi teknologi layar inovatif, sehingga bingkai atau bazel bakal lebih tipis.

5. Baterai

Rumor yang beredar juga menyebutkan, iPhone 16 ini hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar dan fitur pengisian daya lebih cepat jika dibandingkan iPhone 15.

Bahkan, digadang-gadang iPhone Pro Max terbaru akan dilengkapi fitur pengisian daya cepat (fast charging) hingga 40 W.

Ini jelas lebih besar jika melihat iPhone 14 yang hanya dibekali dengan fitur pengisian daya cepat 27 W.

Bocoran kapasitas baterai iPhone 16 series:

  • iPhone Reguler ukuran baterai 3.561 mAh
  • iPhone Plus: ukuran baterai 4.006 mAh
  • iPhone Pro: ukuran baterai 3.355 mAh
  • iPhone Pro Max: ukuran baterai 4.676 mAh

Prediksi Harga iPhone 16 Series

Berdasarkan analisis dari Ming-Chi Ku, diprediksi bahwa iPhone terbaru untuk series 16 Pro dan Pro Max akan hadir dalam empat pilihan warna, yakni hitam, putih atau perak, abu-abu atau ‘natural titanium,’ dan merah muda.

Sementara, untuk series 16 Reguler hadir dalam lima pilihan warna yakni hitam, hijau, merah muda, biru, dan putih.

Jika melihat dari harga iPhone yang telah rilis sebelumnya, diperkirakan iPhone 16 Reguler memori 128 GB ini dijual dengan harga antara Rp18-20 Juta.

Sementara, untuk prediksi harga 16 Pro Max akan dibanderol Rp30 juta.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter