TANGSELIFE.COM – Bakal calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany dipastikan akan berlaga dalam kontestasi Pilgub Banten 2024. Ia berpasangan dengan politisi PDI Perjuangan, Ade Sumardi.

Pasalnya berdasarkan putusan MK nomor 60/PUU-XXII/2024 PDI Perjuangan Banten dapat mengusung pasangan calon kepala daerah di Provinsi Banten tanpa harus membangun koalisi.

Meski akan berlaga menggunakan tiket yang dimiliki oleh PDIP, namun Airin Rachmi Diany dipastikan tidak akan berpindah menjadi kader partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

“Bu Airin ikut serta dengan PDIP di sini tidak membahas soal pindah partai, karena di PDIP pun tidak ada persyaratan ketika mengajak gabung dengan syarat pindah partai,” kata Ketua DPD Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah di ICE BSD, Minggu, 25 Agustus 2024.

Ratu Tatu mengungkapkan, kerjasama majunya Airin Rachmi Diany bersama Ade Sumardi tak terlepas dari komuniksi yang sudah dibangun oleh kedua partai tersebut selama ini.

Terlebih dengan adanya putusan MK tersebut, PDIP memiliki peluang memajukan calon walau tanpa dukungan partai politik lainnya.

“PDIP menawarkan kepada bu Airin ikut gabung dengan PDIP dan kita memutuskan ibu Airin beserta keluarga untuk ikut serta dengan PDIP,” terangnya.

Ratu Tatu menuturkan, meski Airin tidak mendapatkan surat rekomendasi dari DPP Golkar namun mantan Wali Kota Tangsel dua periode itu telah mendapatkan izin dari Ketua Umum Bahlil Lahadalia.

“Beliau juga sadar betul bahwa ini hak politik pribadi bu Airin dan DPP partai Golkar pun tidak bisa melarang kadernya,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Andre Pradana
Editor
Andre Pradana
Reporter