TANGSELIFE.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menemukan dua warga terkonfirmasi positif virus cacar monyet atau monkeypox (Mpox).

Dua warga Tangsel yang terkonfirmasi positif virus Mpox tercatat dalam kurun waktu dari 1 Januari hingga 23 Agustus 2024.

Kepala Dinkes Tangsel, Alin Hendalin Mahdaniar menjelaskan, awalnya ada lima orang yang memiliki gejala seperti terjangkit virus cacar monyet.

Setelah dilakukan pemeriksaan, terkonfirmasi hanya dua orang yang dipastikan positif.

“Sampai tanggal 23 Agustus 2024, tahun 2024 ditemukan kasus dengan gejala seperti monkeypox di Kota Tangerang Selatan sebanyak 5 orang, dengan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 2 orang,” kata Alin dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 September 2024.

Dua Orang Terkena Virus Cacar Monyet di Tangsel Sudah Sembuh

Dua warga yang terkonfirmasi positif virus monkeypox diketahui berjenis kelamin laki-laki.

Namun Alin memastikan bahwa kedua warga tersebut saat ini sudah sembuh.

“Kondisi pasien sudah sembuh,” ungkap Alin.

Ia menjelaskan, kedua warga yang dinyatakan positif terkonfirmasi virus Mpox setelah tenaga kesehatan melakukan pemeriksaan dengan acara PCR.

Pemeriksaan dilakukan dengan cara mengambil specimen dari lesi kulit, termasuk swab dari permukaan lesi, kemudian mengirimkannya ke laboratorium rujukan nasional BKPK Kemenkes.

Kendati demikian, Alin mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada penyebaran virus monkeypox.

Salah satu upaya pencegahan bisa dilakukan dengan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta meningkatkan protokol Kesehatan.

“Untuk penanganan pasien monkeypox selain diberikan pengobatan dengan terapi suportif dan simtomatis, pasien akan diisolasi bisa dengan isolasi mandiri maupun Rumah Sakit,” ungkapnya.

“Pasien monkeypox akan sembuh sendiri manakala tidak ada infeksi tambahan atau tidak ada komorbid yang berat yang dapat memperberat kondisi pasien,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Editor
Andre Pradana
Reporter