TANGSELIFE.COM – Jalan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) Seksi 1B dibuka mulai hari ini, Senin 20 September 2024.

Jalan tol Serbaraja sepanjang 5,73 kilometer di BSD ini resmi beroperasi secara fungsional tanpa tarif alias gratis selama masa uji coba.

“Tol Serbaraja Seksi 1B akan dioperasikan fungsional tanpa tarif pada 30 September 2024,” keterangan akun Instagram @infotolserbaraja pada Minggu, 29 September 2024.

Serbaraja Seksi 1B
tol Serbaraja Seksi 1B dibuka hari ini, Senin 30 September 2024

Berdasarkan Surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Nomor BM 0702-TI/661 tanggal 27 September 2024, tol Serbaraja Seksi 1B dapat dioperasikan secara fungsional hingga Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait pengoperasian jalan tol ini keluar.

Jalan Tol Serpong-Balaraja

Jalan Tol Serpong-Balaraja merupakan bagian dari salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang membentang sepanjang 39,4 kilometer.

Jalan Tol Serbaraja telah dinyatakan lolos uji laik fungsi dan uji laik operasi oleh Kementerian PUPR.

Tol Serbaraja terdiri atas tiga seksi dengan total nilai investasi sebesar Rp14,37 triliun dan biaya konstruksi sekitar Rp6,17 triliun, yakni:

– Seksi I (BSD–Legok) sepanjang 9,3 kilometer;

– Seksi II (Legok–Tigaraksa Selatan) sepanjang 11,5 kilometer; dan

– Seksi III (Tigaraksa Selatan–Balaraja) sepanjang 18,6 kilometer.

Sebelumnya, Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A BSD-CBD sepanjang 5,15 Km telah diresmikan dan beroperasi pada tahun 2022.

Selanjutnya, Seksi 2 Legok-Pasir Barat sepanjang 11,54 Km dan Seksi 3 Pasir Barat-Balaraja sepanjang 18,57 Km masih dalam tahap persiapan.

Nantinya, Jalan Tol Serbaraja akan terkoneksi dengan sejumlah tol lain seperti Jalan Tol Serpong-Ulujami, yang terkoneksi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2.

Jalan Serpong-Balaraja berdampak penting dalam peningkatan akses konektivitas dan peningkatan perekonomian bagi masyarakat Banten, Jakarta, dan sekitarnya.

“Tol kita ini mendekatkan yang jauh, konektivitas, meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata President Director Trans Bumi Serbaraja Christopher Siswanto Adisaputro, dikutip dari video Kementerian PUPR.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Reporter