TANGSELIFE.COM– CEO sekaligus pendiri Meta, Mark Zuckerberg membuat prediksi yang menghebohkan dunia teknologi.

Pasalnya, dalam sebuah wawancara Zuckerberg mengungkapkan bahwa perangkat pintar smartphone beberapa tahun ke depan akan tergantikan oleh kacamata pintar.

“Smartglasses (kacamata pintar) akan secara bertahap menggantikan smartphone (ponsel pintar) pada 2030 mendatang,” ujar Mark Zuckerberg.

Prediksi tersebut sama ketika melihat pola pergantian komputer ke smartphone, yang mana kini fitur yang ada di dalam smartphone makin canggih dan mengakomodir beragam fungsi komputer.

Fenomena ini akhirnya membuat masyarakat modern lebih sering menggunakan smartphone dibandingkan dengan komputer untuk interaksi sehari-hari dan melakukan pekerjaan.

“Sama halnya dengan smarpthone saat ini yang mulai lebih penting ketimbang komputer, tanpa benar-benar menggantinya,” ujar Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg Ramalkan Tahun 2030 Kacamata Pintar Bakal Gantikan Smartphone

Mark Zuckerberg

Orang terkaya di dunia nomor 2 tersebut menegaskan meski dirinya memprediksi bahwa kacamata pintar bisa gantikan smartphone, akan tetapi perangkat tersebut masih tetap ada yang gunakan.

Sama seperti di era sekarang, meski fitur canggih dan beragam pekerjaan bisa diselesaikan di smartphone, namun orang tetap masih ada yang menggunakan komputer.

Dalam prediksinya, Mark Zuckerberg menjelaskan bahwa mungkin pada tahun 2030 manusia masih tetap memiliki smartphone, tetapi perangkat ini bakal jarang digunakan.

Pasalnya, sebagian aktivitas bisa dilakukan dengan kacamata pintar, mulai dari mengakses pesan, melihat informasi, hingga melakukan navigasi.

Adapun kacamata pintar ini bukan konsep baru, karena beberapa perusahaan teknologi sudah ada yang menjual perangkat ini ke pasar.

Bahkan menurut prediksi Mark Zuckerberg dalam beberapa dekade ke depan, perangkat kacamata pintar ini akan menjadi mainstream dan diburu banyak orang.

Sebelumnya sekitar 2 tahun lalu, perusahaan Zuckerberg yakni Meta telah merilis kacamata pintar yang diberi nama “Ray-Ban Stories”.

Kacamata pintar tersebut dilengkapi dengan kamera 5MP, dua speaker, dan tiga microphone.

Lalu, untuk tahun ini Ray-Ban buatan Meta ini lebih ditingkatkan lagi performanya pada fitur kamera, microphone, hingga memori.

Sampai saat ini Meta masih terus melakukan pengembangan kacamata pintar augmented reality (AR).

Meta melakukan investasi besar-besaran dalam mengembangkan teknologi augmented reality dan virtual reality (VR).

Sebagai informasi, augmented reality (AR) merupakan teknologi yang disematkan di kacamata pintar yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan dunia digital tanpa layar smartphone.

Mark Zuckerberg percaya bahwa AR bakal menjadi semakin canggih, sehingga membuat kacamata pintar menjadi perangkat yang esensial bagi manusia.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter