TANGSELIFE.COM – Presiden Prabowo Subianto melarang menteri dan Eselon I di Kabinet Merah Putih menggunakan mobil mewah impor.

Para menteri dan Eselon I Prabowo diwajibkan menggunakan mobil buatan dalam negeri mulai pekan depan.

Kabar ini diungkapkan oleh Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Anggito Abimanyu. Ia menjelaskan bahwa mulai minggu depan akan ganti mobil dinas dari Alphard menjadi buatan PT Pindad.

Menurutnya, mobil produksi PT Pindad dianggap sebagai karya anak bangsa karena sekitar 70 persen komponennya berasal dari produk lokal.

Sehubungan dengan rencana ini, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu tindaklanjut mengenai skema pengadaan mobil dinas dari masing-masing kementerian.

Menteri dan Eselon I Prabowo Gunakan Mobil Produksi PT Pindad

Perlu diketahui, menteri, wakil menteri, dan sejumlah pejabat terkait berhak memperoleh kendaraan dinas operasional.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 76/PMK.06/2015 tentang Standar Barang Kebutuhan Barang Milik Negara Berupa Alat Angkutan Darat Bermotor Dinas Operasional Jabatan di Dalam Negeri, menteri dan yang setingkat akan memperoleh maksimal 2 unit kendaraan dinas dengan jenis sedan, SUV, ataupun MPV dengan kualifikasi A.

Kualifikasi A berarti mobil dengan jenis sedang, SUV, atau MPV memiliki kapasitas mesin 3.500 cc, 6 silinder.

Mobil dengan kualifikasi A itu juga akan didapat oleh wakil menteri.

Namun, jatahnya lebih sedikit dari menteri. Wakil menteri itu hanya akan memperoleh jatah 1 unit mobil dinas.

Mobil dinas menteri sebelumnya adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang tak dijual untuk umum. Kendaraan tersebut didatangkan langsung dari Jepang.

Dengan adanya kebijakan baru untuk menteri dan eselon I Prabowo, kini mereka diwajibkan menggunakan mobil buatan dalam negeri.

Sebagai informasi, mobil penumpang buatan Pindad saat ini baru ada Maung. Kini Maung sudah muncul generasi terbaru dalam bentuk MV3.

MV3 memiliki sejumlah versi yang meliputi Maung Tangguh, Maung MV3 Komando, hingga Maung MV3 Jelajah.

Terbaru, PT Pindad memproduksi Maung MV3 Garuda Limousine sebagai mobil kepresidenan. Mobil yang digunakan Prabowo itu dikembangkan dari Maung MV3 dan dibekali fitur antipeluru.

Maung MV3 merupakan mobil yang menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc. Mobil itu bisa melaju pada kecepatan aman 100km/jam dan memiliki jarak tempuh sampai 500 km.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter