TANGSELIFE.COM-Kabar gembira bagi pemudik yang pulang kampung dengan mobil pribadi saat Lebaran 2023 ini. Pasalnya, ada diskon tarif tol Trans Jawa dan sebagian tol Trans Sumatera.  

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan diskon tarif tol sebesar 20 persen saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Dia memaparkan sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sudah setuju akan memberikan diskon tarif tol 20 persen di sejumlah jalan tol saat arus mudik Idul Fitri 1444 H.

Diskon tarif tol itu bakal diberlakukan untuk jalan tol di Pulau Jawa, dan sebagian ruas tol Trans Sumatera seperti ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Kayu Agung dan Tol Binjai-Medan.

”Untuk tol di Pulau Jawa sudah saya setujui 20 persen diskon. Penerapannya dua hari sebelum libur dan dua hari setelah libur Lebaran,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 12 April 2023 kemarin.

Pastinya, diskon 20 persen tarif tol itu akan diberlakukan pada dua hari sebelum periode cuti bersama Lebaran 2023 (saat arus mudik) dan dua hari setelahnya atau saat arus balik.

”Jadi, masyarakat yang mudik Lebaran 2023 ini dan arus balik ada diskon, terutama tol Bakauheni ke Terbanggi Besar-Kayu Agung dan sebaliknya,” paparnya juga. 

Tapi, Basuki juga mengatakan masih ada ruas tol yang belum menerapkan diskon saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 nanti, salah satunya  tol Tangerang-Merak.

”Sampai saat ini, saya masih tunggu tol Jakarta-Merak belum ada pengajuannya untuk pemberian diskon 20 persen untuk mudik dan arus balik Lebaran ini. Saya berharap ada,” papar Basuki juga. 

Basuki juga mengatakan dirinya diperintahkan Presiden Jokowi untuk mudik Lebaran 2023, agar semua ruas tol yang berstatus fungsional dapat digunakan untuk mencegah kemacetan dan memperlancar kendaraan.

Dia juga mengatakan, Kementerian PUPR  telah memperbaiki jalan nasional yang rusak untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun ini.

”Kamis sudah kerjakan pelebaran dan perbaikan jalur jalan. Mudah-mudahan siap untuk arus mudik dan arus balik,” paparnya juga. 

Perbaikan dan pelebaran jalur seperti jalan Tol Jakarta-Cikampek, pelebaran jalur di sekitar tempat istirahat atau rest area di Tol Cipali.

Lalu, penggunaan atau fungsional Tol Cisumdawu, Jawa Barat, dan pengurangan hambatan (debottlenecking) di akses Solo ke Yogyakarta serta perbaikan jalan nasional di seluruh akses alternatif untuk mudik.