TANGSELIFE.COM-Arus balik mudik Lebaran 2023 mulai terjadi di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, pada H+1 atau Senin 24 April 2023 ini.  

Pasalnya, pergerakan penumpang yang mendarat di Bandara Soetta mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan hari sebelumnya. 

Data dari Posko Mudik Bandara untuk Senin, 24 April 2023 total pergerakan penumpang di bandara internasional itu baik yang datang dan berangkat mencapai sebanyak 130.398 orang.

Sebanyak 130.398 penumpang itu diangkut dengan 919 pesawat yang mendarat (landing) atau take off (berangkat) dari Bandara Soetta. 

Jika dirinci, penumpang yang tiba di Bandara Soetta dari sejumlah daerah di Tanah Air sebanyak 65.858 orang. 

Angka itu lebih tinggi, dibandingkan dengan jumlah penumpang yang melakukan keberangkatan dari Bandara Soetta yang mencapai sebanyak 64.540 orang.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Holik Muardi mengatakan, secara keseluruhan, pergerakan penumpang naik sekitar 10 persen dari satu hari sebelumnya. 

Pada Minggu, 23 April 2023 atau Lebaran kedua, ada sebanyak 114.304 penumpang yang berangkat dan tiba di Bandara Soetta. 

“Naik sekitar 10 persen dari total pergerakan penumpang pada Senin 23 April 2023. Saat ini, arus penumpang mulai terbalik. Sebelumnya didominasi keberangkatan, sekarang didominasi kedatangan,” paparnya. 

Holik merinci, untuk jumlah kedatangan penumpang pada Minggu, 23 April 2023 atau Lebaran kedua mencapai sebanyak 50.834 orang. 

Sementara, Senin 24 April 2023 atau H+1 jumlah penumpang mencapai 65.858 orang. ”Jumlah kedatangan cukup tinggi. Didominasi penerbangan domestik,” katanya lagi. 

Adapun penerbangan arus balik yang terbanyak tiba hari ini, berasal dari Padang, Sumatera Barat; Makassar, Sulawesi Selatan, dan Denpasar, Bali.

Pihak Angkasa Pura II pun telah menyiapkan beberapa layanan angkutan darat untuk mempermudah penumpang melanjutkan perjalanan saat tiba di Bandara Soetta. 

Guna mempercepat akses keluar dari Bandara Soetta, PT Angkasa Pura II telah menyiapkan layanan sky train untuk menyambung perjalanan antar terminal dan menuju ke Stasiun Bandara. 

“Sky train itu khusus untuk penumpang yang naik Kereta Bandara. Kami juga berkoordinasi dengan pihak taksi atau transportasi online menyiapkan armadanya pada arus balik Lebaran ini,” tandasnya. 

Sebelumnya, PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) selaku pengelola Bandara Soetta telah mempersiapkan sejumlah langkah dan antisipasi untuk menghadapi arus balik Lebaran 2023.

“Kami siap mengantisipasi arus balik setelah Idul Fitri. Kami akan mengaktifkan protokol arus balik itu pada  H+1 atau tanggal 24 April 2023,” ujar Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin.

Untuk arus balik Lebaran 2023, Awaluddin memperkirakan akan terjadi puncak arus balik pada 30 April 2023 mendatang. 

“Perkiraan kami, pada saat itu 20 bandara di bawah PT AP II akan meng-handle hampir 2.000 pergerakan pesawat. Dari jumlah itu 60 persennya itu ada di Bandara Soetta,” paparnya.