TANGSELIFE.COM-Informasi mengejutkan datang dari Habib Bahar Bin Smith. Dia dikabarkan ditembak orang tak dikenal (OTK) pada Jumat 12 Mei 2023 malam. 

Peristiwa penembakan terhadap Habib Bahar itu terjadi saat dia keluar hendak mengecek mesin mobil yang bermerek Mercedes Benz. 

Peristiwa penembakan Habib Bahar itu dibenarkan oleh pengacaranya, Aziz Yanuar. Tapi sayangnya dia enggan memberikan keterangan kondisi Habib Bahar lebih lanjut. 

Tapi dia meminta doa kepada seluruh masyarakat agar kondisi Habib Bahar segera membaik. 

“Mohon doanya saja,” terangnya Minggu 14 Mei 2023. “Kami tdk bersedia komentar lbh lanjut ya,” katanya lagi.

Penembakan Habib Bahar itu viral setelah dibahas di dua konten YouTube milik Edy Mulyadi dan Mahesa Al Bantani. 

Edy Mulyadi melalui kanal YouTube-nya @Anti Oligarki menyebutkan kalau Habib Bahar ditembak saat mengendarai mobilnya Mercedes-Benz E260, Jumat 12 Mei 2023 malam.

Kabar Habib Bahar ditembak ini, langsung dikonfirmasi Edy dengan mengontak Aziz Yanuar yang merupakan pengacaranya. 

Dalam konfirmasi itu, Aziz mengatakan tengah menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) pada Jumat 12 Mei 2023 malam.

Dalam video itu, Edy mengatakan dirinya sudah mendapatkan kabar tentang penembakan Habib Bahar tersebut. 

Dalam video yang diunggahnya tersebut, Edy juga membagikan salah satu rekaman suara seorang saksi yang melihat kondisi Habib Bahar pasca-penembakan.

Dari keterangan video YouTube itu Edy itu, saksi melihat darah di mobil berjenis Mercedes Benz berwarna hitam yang dikendarai Habib Bahar tersebut. 

Selain itu, juga pintu mobil milik pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tajul Alawiyyin Bogor itu dikabar kan tidak bisa dibuka pasca-insiden penembakan tersebut.

“Ada darah di mobil Mercedes Benz itu, mobilnya kan nggak bisa dibuka. Ada darah yang di tempat pegangan,” terang seorang pengakuan saksi.

Ada Kaos Berdarah dan Bekas Tembakan Peluru

Sementara itu, kanal YouTube Mahesa Al Bantani mengabarkan kalau penembakan terjadi saat Habib Bahar hendak menghadiri acara salah satu santrinya.

Beberapa bukti penembakan yang dibagikan oleh Mahesa Al Bantani berupa foto kaos Habib Bahar yang berlubang dan ada darahnya serta chat WhatsApp.

Video penembakan Habib Bahar yang diunggahnya itu diberi judul Voice Note Habib Bahar Tertembak dengan durasi 3 menit 15 detik.

“Guru Habib Bahar tertembak,” begitu pesan WhatsApp yang ditunjukkan oleh Mahesa Al Bantani dalam video di YouTube miliknya dilihat Minggu 15 Mei 2023.

“Itu kaos yang dipakai Habib Bahar juga jebol oleh peluru,” ucap Mahesa Al Bantani lagi sambil menunjukkan kiriman pesan WhatsApp dari telepon selular (ponsel) miliknya. 

Dalam cuplikan video YouTube lainnya, Mahesa Al Bantani juga memberikan imbauan kepada umat Islam agar tidak terpancing kasus penembakan tersebut. 

“Terlepas benar atau tidaknya berita itu, walau pun saya tetap percaya, intinya umat jangan terpancing dan main hakim sendiri,” cetusnya juga. 

Untuk diketahui, Habib Bahar dikenal sebagai ulama yang memiliki banyak umat yang menghormatinya meski beberapa kali dirinya pernah berurusan dengan penegak hukum.