Tangselife.com – Tangsel People yang berencana liburan ke Taman Nasional (TN) Komodo siap-siap merogoh kocek lebih. Pasalnya, harga tiket masuk kini naik jadi Rp3,75 juta.

Kenaikan harga tiket itu ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama Balai Taman Nasional Komodo (BTNK). Harga tiket terbaru itu bakal berlaku mulai 1 Agustus 2022 mendatang.

Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi TN Komodo Cariline Noge mengatakan, kenaikan harga itu mempertimbangkan biaya konservasi.

Tak hanya itu, harga tersebut berlaku untuk tiket masuk yang berlaku selama periode satu tahun setiap satu orang.

“Dengan mempertimbangkan biaya konservasi, Rp3,75 juta per orang untuk periode satu tahun,” katanya dikutip dari kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Selain harga tiket masuk yang yang naik, kini jumlah kuota kunjungan pun dibatasi.

“Kuota kunjukan ke TNK akan dibatasi 200.000 orang per tahun,” ungkap Caroline.

Pembatasan itu dilakukan merujuk pada hasil Kajian Daya Dukung Daya Tampung Berbasis Ekosistem di TNK yang dilakukan para ahli.

Baik peningkatan harga tiket dan pembatasan itu, lantaran para pengunjung dianggap membawa pengaruh pada kelangsungan hidup baik tanaman, satwa dan ekosistem TNK.

Kebijakan itu diterapkan, untuk menjaga kelestarian ekosistem satwa di TNK.

“Prinsipnya pengunjung tidak hanya ingin melihat komodo. Tapi kita ingin melihat kehidupan liarnya dan di TNK harus benar-benar terjaga,” ungkap Kepala Kajian Daya Dukung Daya Tampung TNK Irman Firmansyah. (Vyh/dre)