Tangselife.com – Kementerian Agama menetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriyah jatuh 1 Juli 2022. Artinya, Hari Raya Idul Adha akan dirayakan pada Minggu 10 Juli.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, mengatakan, penentuan 1 Zulhijah itu berdasarkan kesepakatan dan sudah diketok palu dalam sidang isbat yang dilaksanakan Rabu (28/6/2022).

“Dengan demikian Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022,” kata Zainut dikutip dari keterangan resmi Humas Kemenag RI melalui kemenag.go.id, Rabu (29/6/2022).

Zainut menerangkan, keputusan itu didasarkan dari pantau hilal di 86 titik seluruh wilayah Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan rapat sidang isbat.

Menurutnya, proses pengamatan hilal ini menjadi pertimbangan penting dalam sidang isbat.

“Dari 34 provinsi yang telah kita tempatkan pemantau hilal, tidak ada satu pun dari mereka yang menyaksikan hilal,” jelasnya.

Sidang isbat awal Zulhijah 1443 H digelar di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag.

Turut hadir Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi, perwakilan Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta Duta Besar negara sahabat.

Selain itu juga turut hadir perwakilan Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Pimpinan Ormas Islam, serta Pondok Pesantren. (vyh/dre)