Tangselife.com – Keluarga Ridwan Kamil kini telah menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz wafat tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss, Jumat (3/6/2022).

Keputusan itu dibuat setelah proses pencarian putra pertama Gubernur Jawa Barat itu di Sungai Aare tak kunjung membuahkan hasil meski sudah memasuki hari ke-8 sejak dikabarkan tenggelam pada Kamis (26/5/2022).

Keputusan itu diumumkan secara langsung oleh Erwin Muniruzzaman. Menurutnya, keputusan itu berdasarkan dari keputusan Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya setelah evaluasi proses pencarian Eril selama ini di Swiss.

“Otoritas setempat sudah menggunakan pencarian yang spesifik mencari jenazah. Oleh karena itu Kang Emil dan Teh Lia mereka ikhlas dan meyakini bahwa Eril sudah wafat berpulang ke rahmatullah karena tenggelam,” katanya di Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (3/6/2022).

Erwin mengungkapkan, pihak keluarga berprasangka baik bahwa Eril meninggal dalam keadaan Syahid sesuai dengan hadis nabi dengan ketentuan tertentu.

Salah satunya yakni Eril wafat setelah memastikan bahwa adiknya dan temannya selamat saat adanya arus deras di Sungai Aare.

“Bahwa perjalanan Eril sebagai pemuda muslim ke negeri yang jauh untuk menuntut ilmu. Dalam aktivitas terakhirnya adalah olahraga yang disampaikan hadis nabi yaitu berenang. Eril memastikan yang ikut berenang dapat berenang dan posisinya Eril mengamankan yang lain. Kami berprasangka baik Eril wafat khusnul khotimah dan dengan kriteria tertentu dalam hadis dalam keadaan syahid,” katanya seraya memohon doa.

Mewakili keluarga besar Ridwan Kamil, Erwin berharap seluruh masyarakat yang mengenal Eril dapat membukakan pintu maaf dan ikut sert mengikhlaskan kepergian Eril.

“Kami memohonkan maaf atas nama almarhum sekiranya ada kesalahan kekhilafan yang sengaja atau tidak sengaja kami mohon maafkan. Atau ada hak dan kewajiban mohon kami diinformasikan dan mohon maaf jika ada keluarga ada kesalahan,” pintanya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah dirundung musibah. Anak sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz dikabarkan tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022).

Dari informasi yang dihimpun, Eril tenggelam karena terseret arus di Sungai Aare bersama adik dan kawannya.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu juru bicara dari keluarga Ridwan Kamil Elpi Nazmuzaman.

“Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya,” katanya dalam keterangannya dikutip dari tempo.co, Jumat (27/5/2022).

Hingga saat ini, diketahui Eril masih dalam pencarian tim SAR di Swiss. Pencarian sudah dilakukan beberapa jam tetapi masih nihil dan dihentikan sementara akibat kondisi gelap.

“Masih dalam pencairan tim SAR dan polisi di Swiss,” ungkap Elpi.

Diketahui, Eril berada di Swiss lantaran sedang mencari kampus untuk melanjutkan pendidikan S2-nya. Sementara Ridwan Kamil saat peristiwa itu terjadi tengah berada di Inggris sedang melakukan kunjungan kerja. (vyh/dre)