Tangselife.com – Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Buya Syafii Maarif meninggal dunia, Jumat (27/5/2022).

Buya Sayiif meninggal dunia pada pukul 10.15 WIB di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping.

Kabar duka itu turut disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir. Dia bahkan meminta umat di Indonesia memberi pintu maaf dan doa bagi Buya Syafii.

“Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do’a dari semuanya,” kata Haedar dikutip dari laman muhamaddiyah.or.id, Jumat (27/5/2022).

Rencananya, pendiri Maarif Institut itu akan dimakamkan di Pemakaman Khusnul Khotimah di Dusun Donomulyo Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo.

Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawan menuturkan, sebelum dimakamkan jenazah Buya Syafii akan disemayamkan terlebih dahulu di Yogyakarta.

“Sebelum disemayamkan di Masjid Gede Yogyakarta. Kemudian, pemakaman akan dilakukan di Pemakaman Khusnul Khotimah milik Muhammadiyah yang berlokasi di Dusun Donomulyo,” tuturnya.

Sebelum meninggal, Buya Syafii diketahui sempat menjalani pengobatan di RS PKU Muhammadiyah Gamping karena sesak nafas pada bulan lalu.

Kemudian pada pekan lalu pihak RS PKU Muhammadiyah Gamping sempat mengabarkan kondisi Buya Syafii mulai membaik.

Wafatnya Buya Syafii tentu menjadi kabar duka bagi Muhammadiyah di Indonesia.(vyh/dre)