Tangselife.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Tol Serpong-Balaraja seksi I pada Selasa (20/9/2022).

Peresmian itu dilakukan secara hybrid. Sementara prosesi persemiannya dilakukan di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, Tol Serbaraja itu merupakan bagian dari JOR III.

Dia berharap, adanya Tol Serbaraja dapat mengurangi kemacetan di DKI Jakarta lantaran aksesnya lebih mudah melalui Tol Serbaraja.

“Tol Serbaraja seksi 1 bagian dari Jor III ini awal, sehingga nanti jor II dan III selesai dari Barat ke Timur dan dari Timur ke Barat tidak usah melalui Jakarta sehingga akan mengurangi kemacetan di DKI Jakarta,” kata Jokowi dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/9/2022).

“Untuk Tol Serpong-Balaraja sepanjang 5,1 km. Saya resmikan jalan Tol Serpong-Balaraja seksi 1 yang segera bisa kita operasionalkan,” tambah Jokowi.

Selain Tol Serbaraja, Jokowi juga meresmikan Tol Cibitung-Cilincing. Jokowi berharap, Tol sepanjang 27,72 kilometer itu, dapat mempercepat mobilitas industri baik ekspor dan impor.

“Untuk tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,72 km yang bisa mempercepat utamanya mobilitas barang dari kawasan industri Bekasi Utara dan kawasan logistik yang ada di Karawang Bekasi sehingga sangat cepat dengan jalan tol ini dihantarkan ke pelabuhan yang ada di Jakarta wilayah Utara,” ungkapnya.

“Kecepatan inilah yang akan memudahkan mobilitas barang dan memperkuat daya saing produk Indonesia yang akan di ekspor,” pungkas Jokowi. (vyh/asn)