Tangselife.com – Euforia keceriaan perayaan Natal tahun 2022 ini sangat terasa. Umat Katolik berduyun-duyun memadati barisan jemaat yang ibadah.

Di Gereja Katolik Santo Laurensius Alam Sutera jumlah jemaat yang melakukan ibadat Natal 2022 ini mencapai lebih dari 10.000 jemaat dari Sabtu-Minggu (24-25/12/2022).

Wakil Ketua Dewan Paroki Gereja Katolik Santo Laurensius Fransiskus Hartapa mengatakan, bersyukur pelaksanaan ibadah Natal tahun ini bisa dilaksanakan dengan kapasitas 100 persen.

“Proses ibadat Natal berjalan lancar, antusias jemaat cukup tinggi. Saat ini kapasitas jemaat sudah bisa 100 persen, ternyata yang datang hampir 168 persen dari kapasitas gereja,” kata Hartapa, Minggu (25/12/2022).

Hartapa menerangkan, total jumlah jemaat yang mengikuti ibadat Natal selama dua hari berturut-turut lebih dari 10 ribu jemaat.

“Selama dua hari lebih dari 10 ribu, mungkin mencapai sekira 13 ribuan jemaat yang ibadat karena ibadat tahun ini terbuka, setelah dua tahun terbatas. Sangat antusias, belum termasuk jemaat dari luar daerah,” papar Hartapa.

Menurutnya, makna Natal tahun ini harus dijadikan untuk meningkatkan syukur. Pasalnya, pandemi kini sudah berlalu dan aktivitas ibadat bisa dilakukan secara normal dengan protokol kesehatan.

“Bersyukur kita ya, karena ternyata pandemi ini tidak berkepanjangan. Selama dua tahun ini kan kita melaksanakannya. Tapi di 2022 ini tinggal prokes aja, jadi euforia umat di luar prediksi saya,” ungkapnya. (VYH/ASN)