Tangselife.com – Ratusan jamaah haji mengikuti manasik di Aula MAN Insan Cendekia Serpong, Minggu (22/5/2022). Mereka dibekali regulasi, tahapan hingga pelaksanaan haji.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Tangerang Selatan (Tangsel) H. Dedi Mahfudin meminta agar para jamaah haji untuk menjaga kesehatan baik secara fisik dan mental.

Pasalnya, kata Dedi, kemungkinan para jamaah haji akan menjalani ibadah haji dengan cuaca cukup ekstrem di Arab Saudi.

“Kemungkinan cuaca ekstrim panas. Saya sampaikan kepada calon jamaah haji agar jaga kesehatan, pola makan, pola tidur, pola olahraga semuanya harus dijaga. Karena akan melakukan perjalan jauh, meletihkan dan waktunya lama,” kata Dedi usai manasik haji, Minggu (22/5/2022).

Dedi menerangkan, pelaksanaan manasik haji tingkat kota dilakukan selama dua hari Sabtu-Minggu (21-22/5/2022).

Jumlah jamaah haji akan akan berangkat tahun ini tercatat ada 650 orang. Sebelumnya, ada 20 jamaah yang menunda keberangkatannya karena sakit, tak ada biaya pelunasan dan paling banyak karena ingin haji bareng bersama keluarga.

Kuota dari 20 jamaah yang menunda keberangkatan itu, kini sudah terisi oleh 20 jamaah haji kuota cadangan yang telah melunasi pemberangkatan.

Saat ini, Dedi belum mendapatkan jadwal keberangkatan lantaran qurah atau pengundian jadwal keberangkatan akan dilakukan oleh Kemenag Provinsi Banten pada 25 Mei 2022 mendatang.

“Mudah-mudahan tidak meleset. Rencananya Qurah di Banten tanggal 25,” terangnya.

Dedi menuturkan, kemungkinan 650 jamaah asal Tangsel akan dibagi menjadi tiga kloter. Mereka, akan berkumpul di embarkasi Pondok Gede sebelum akhirnya berangkat ke Arab Saudi.

Selain vaksin Covid-19 dan meningitis, nantinya para jamaah haji juga wajib melakukan PCR di embarkasi haji sebelum berangkat ke Arab Saudi.

“Nanti pas berangkat jamaah harus di PCR. Kalau tidak, nanti tidak berangkat. Untuk pelaksanaan haji, dihitung dari keluar rumah 43 hari, lalu ke embarkasi Pondok Gede dan menginap di sana satu hari,” papar Dedi.

“Mudah-mudahan sehat lahir batin, melaksanakan ibadah sebaik-baiknya, pulang juga sehat,” pungkas Dedi. (vyh/dre)