Tangselife.com – Kota Tangerang Selatan mendapat kesempatan langka yakni menjadi salah satu tuan rumah pameran artefak asli Nabi Muhammad SAW dan sahabat.

Pameran artefak Rasulullah SAW itu berada di Tandon Ciater, Serpong. Pameran tersebut berlangsung 7-17 Desember 2022.

Panitia pelaksana Ahmad Fathoni menerangkan, ada sekira 20 artefak Rasulullah SAW yang dipamerkan.

Artefak itu, asli dari musium di Madinah, Mekkah dan museum lain yang resmi sebagai tempat penyimpanan artefak milik Nabi Muhammad SAW.

“Ada 20 item artefak. Ini adalah data otentik milik Rasulullah SAW dan semua artefak ini tersertifikasi keasliannya. Dari Musium Madinah, Mekkah, Yordan, dan Yaman,” katanya ditemui di Tandon Ciater, Sabtu (10/12/2022).

Fathoni menerangkan, pameran tersebut bagian dari roadshow tanh dilaksanakan di seluruh Indonesia. Tangsel jadi salah satu tempat pameran setelah selesai di Masjid Al-Azhom Kota Tangerang.

Artefak Rasulullah SAW itu, kata Fathoni, bisa berada di Indonesia dan saat ini di Tangsel dipinjam atas nama negara yang diwakilkan oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin

“Tujuannya adalah mengobati rindu dan menambah kecintaan kepada Rasulullah SAW,” terangnya.

Artefak yang dipamerkan diantara lain batu sijjil, wadah obat, rambut, janggut, darah bekam, imamah, esktrak keringat, tanah makam, kayu siwak, potongan sorban Nabi Muhammad SAW.

Ada juga cambuk, wada air, tongkat, panah, tapak kaki milik Nabi Muhammad SAW yang rata-rata diperkirakan berusia 1.400 tahun.

Selain itu ada juga pedang Salahuddin Al-Ayubi, pedang Sayyidna Husein, dan Selipar Hammam zaman Utsmaniyah serta kiswah bagian dalam Mekkah.

Tangsel People, untuk bisa masuk ke lokasi pameran artefak tersebut para pengunjung hanya membayar infaq sebesar Rp25 ribu-Rp50 ribu.

Biaya itu belum termasuk parkir di depan pintu masuk Tandon Ciater yang dikelola oleh masyarakat setempat mulai dari Rp5 ribu. (vyh)