Tangselife.com – Universitas Pamulang (Unpam) bakal menggelar kegiatan yang dihadiri lebih dari 10 ribu mahasiswa baru, Sabtu (3/9/2022).

Kegiatan itu, dikhawatirkan bakal menimbulkan kemacetan di sekitar kampus 2 Unpam Viktor, Serpong.

Hal itu, berkaca pada kegiatan sebelumnya pada Kamis (1/9/2022) yang juga menimbulkan kemacetan panjang di sepanjang Jalan Puspitek menuju Pamulang.

Lalu adakah skema arus lalu lintas untuk mencegah kemacetan lagi akibat kegiatan Unpam?

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan Chaerudin mengatakan, pihaknya tak menyiapkan skema pengaturan lalu lintas khusus.

Tetapi, pihaknya akan tetap terjun ke jalan untuk mengurai jika terjadi kemacetan seperti pada Kamis (1/9/2022).

“Ya nanti lah kita lihat dulu kan, kan kita juga kerjasama dengan polantas. Kalau Dishub kan tetap sudah jalankan tugas. Kalau padat ya udah, kan kita bantu sesuai dengan tugas kita di lapangan. Sesuai protap aja, sudah ada sop-nya,” kata Chaerudin dikutip Jumat (2/9/2022).

Chaerudin menerangkan, pihaknya bertugas mengurai kemacetan tak hanya berfokus di area Unpam saja lantaran titik macet tidak hanya terjadi di satu titik.

“Kita harus bagi-bagi tidak mungkin semuanya di situ. Kita tidak bisa melarang kegiatan tersebut, cuma ya minimal kita hadir. Mudah-mudahan temen-temen kita di kasih sehat,” terangnya.

Senada diungkapkan Kabag Operasional Satlantas Polres Tangerang Selatan Iptu Hery Sulistyono. Menurutnya, pihaknya tak menyiapkan skema khusus untuk mengantisipasi kemacetan pada kegiatan Unpam tersebut.

Terlebih, pihaknya pun tak mendapat pemberitahuan soal adanya aktivitas yang diikuti ribuan mahasiswa baru Unpam itu.

“Kita belum siapkan karena belum ada pemberitahuan. Tapi nanti lebih baiknya biarpun wilayah Polsek Serpong, kita antisipasi,” ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya pihak Unpam mengeklaim sudah mengantisipasi kemacetan jalanan sekitar kampus dengan membagi pelaksanaan Program Pengenalan Studi dan Almamater menjadi dua hari.

Bahkan, pihak Unpam juga membantah jika kemacetan terjadi akibat aktivitas Unpam saja. Melainkan juga akibat dari aktivitas sekolah yang berada di sekitar Unpam yang sama ramainya.

“Tampaknya kemacetan bukan hanya karena Propesa. Sekitar kampus Viktor juga ada beberapa sekolah yang setiap pagi juga selalu ramai dengan aktivitas masyarakat,” kata Wakil Rektor III Unpam, M Wildan. (Vyh/asn)