TANGSELIFE.COM – Perhelatan Banten Book Fair (BBF) 2024 sukses digelar selama 14-18 Mei 2024 di Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) Banten.

Antusiasme masyarakat Banten terhadap pemeran buku ini terlihat jelas sejak hari pertama yang berhasil menyentuh 1.000 pengunjung dalam satu hari.

Bahkan, sekitar 500 pengunjung masih padati Banten Book Fair 2024 di hari penutupan tepat pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Angka tersebut tentunya melesat jauh dari pergelaran Banten Book Fair tahun sebelumnya.

Selain dari perbedaan jumlah pengunjung, Banten Book Fair tahun ini dikemas dengan format yang lebih kekinian, ceria, dan santai.

Tapi, format tersebut tak mengurangi makna peringatan Hari Buku Nasional 2024 yang jatuh pada 17 Mei.

Sebelumnya, Evi Syaefudin selaku Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banten mengungkapkan bahwa Banten Book Fair 2024 ini menjadi rangkaian dari kegiatan Hari Buku Nasional yang jatuh pada 17 Mei.

“Jadi setiap tanggal 17 Mei sejak 2002 itu dirayakan sebagai Hari Buku Nasional bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Perpusnas,” ucapnya.

Digelarnya Banten Book Fair 2024 juga menjadi wadah yang mempertemukan antara pembaca dengan penerbit buku sekaligus pembaca dengan penulis.

Hal itu memungkinkan mereka mencari inspirasi baru mengenai perpustakaan atau pun pengetahuan.

Banten Book Fair 2024

Acara yang mengusung tema ‘Join Library’ ini menyuguhkan 100 persen buku original dan anti bajakan dari puluhan penerbit ternama.

Selain ada bazar buku, pameran ini juga diisi dengan kegiatan edukatif dan menyenangkan, seperti kelas pemustaka, pertunjukan musik, bengkel penulis, booktalk, hingga workshop.

Lebih lanjut Evi Syaefudin berharap acara ini semakin meningkatkan minat baca, khususnya untuk masyarakat Banten agar lebih mencintai buku sebagai sumber pengetahuan.

Acara Banten Book Fair tahun berikutnya direncanakan melibatkan lebih banyak massa dengan kegiatan menarik dan memberi layanan terbaik untuk masyarakat Banten.

Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter