TANGSELIFE.COM– Pada umumnya sakit telapak kaki saat berjalan bukanlah masalah serius dan tidak berbahaya, bahkan hal tersebut bisa hilang dengan sendirinya.

Namun, telapak kaki sakit saat berjalan ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman hingga mengganggu produktivitas serta aktivitas sehari-hari.

Sakit di telapak kaki saat berjalan ini biasanya timbul usai olahraga atau sehabis memakai alas kaki yang tidak nyaman dalam jangka waktu yang lama.

Alas kaki yang terlalu tipis atau tidak sesuai ukuran bisa memicu timbulnya rasa sakit di telapak kaki.

Meskipun begitu, hal tersebut tidak menjadi penyebab utama telapak kaki sakit, ada beberapa faktor lainnya yang bisa memicu rasa sakit ini.

Berikut Penyebab Sakit Telapak Kaki saat Berjalan

Sakit telapak kaki saat berjalan

Timbulnya rasa sakit di telapak kaki juga bisa disebabkan sehabis seseorang melakukan aktivitas berlebihan, misalnya berdiri, berjalan, atau berlari terlalu lama.

1. Keseleo

Penyebab sakit telapak kaki saat berjalan yang pertama adalah keseleo, sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Keseleo merupakan kondisi di mana urat yang mengikat tulang mengalami peregangan cukup keras dan membuat ligamen terpelintir.

Pemicu dari keseleo ini bisa karena terjatuh atau melakukan aktivitas berat yang melibatkan kaki.

2. Plantar Fasciitis

Rasa sakit di telapak kaki juga bisa terjadi karena adanya peradangan pada plantar fascia, yakni jaringan tebal yang memanjang di bawah kaki.

Seseorang yang mengalami plantar fasciitis ini akan merasakan sakit seperti tertusuk di bagian tumit ketika berjalan, atau saat berdiri setelah duduk lama dan sebaliknya.

3. Berdiri lama dengan alas kaki yang tidak sesuai

Telapak kaki sakit juga bisa terjadi usai seseorang berdiri menggunakan high heels atau sepatu yang memiliki hak tinggi dalam janga waktu yang lama.

Semakin tinggi hak dari high heels yang digunakan, maka akan semakin besar juga beban berat yang bertumpu pada jemari kaki.

Hal ini yang menyebabkan sakit telapak kaki saat berjalan usai menggunakan high heels .

4. Kapalan

Telapak kaki sakit saat berjalan juga bisa disebabkan karena munculnya kapalan, ditandai dengan lapisan kulit yang menebal.

Pemicu timbulnya kapalan ini karena gesekan, terutama di bagian bawah kaki yang jika semakin tebal bisa menimbulkan rasa sakit.

Kapalan ini merupakan lapisan tebal yang bentuknya seperti bercak, berwarna kekuningan, dan keras ketika dipegang.

5. Asam Urat

Penyakit asam urat juga bisa menimbulkan rasa sakit telapak kaki saat berjalan, bahkan memicu pembengkakan di jempol kaki atau area persendian.

Apabila telapak kaki sakit karena asam urat, maka akan disertai dengan kaku dan bengkak pada persendian, otot, dan tulang kaki.

6. Bantalan di tumit menyusut

Salah satu penyebab telapak kaki sakit saat berjalan karena bantalan tumit mulai menyusut, pasalnya tulang ini paling sering menyentuh tanah saat berjalan.

Ciri-cirinya adalah timbul rasa nyeri, terbakar, pegal, hingga rasa tidak nyaman pada telapak kaki.

7. Flat Foot

Jika pada umumnya telapak kaki berbentuk melengkung, maka orang yang memiliki kondisi flat foot ini bentuk telapak kakinya lebih datar.

Flat foot ini bisa timbul karena perkembangan lengkung kaki tidak optimal saat masa kanak-kanak, atau juga bisa disebabkan akibat cedera dan tekenan berlebih pada kaki.

Efeknya maka akan membuat telapak kaki sakit saat berjalan, terutama ketika melakukan aktivitas yang berat.

Selain mengenali penyebab timbulnya rasa sakit di telapak kaki saat berjalan, ada juga tips mengatasi telapak kaki sakit.

Cara Mengatasi Sakit Telapak Kaki Saat Berjalan

Sakit telapak kaki saat berjalan
Lakukan peregangan untuk menghindari sakit telapak kaki saat berjalan

1. Rendam Kaki

Mengingat sakit telapak kaki saat berjalan bisa sembuh dengan sendirinya, maka cara sederhana untuk meredakan nyerinya adalah dengan merendam kaki dengan air hangat.

Selain itu, untuk meredakan nyeri otot dan mengurangi pembengkakan bisa dicampurkan air hangat dan garam epsom.

Proses rendam kaki untuk mengurangi rasa sakit ini bisa dilakukan selama kurang lebih 20 menit.

2. kompres dengan es

Untuk menghilangkan rasa sakit di telapak kaki sehabis beraktivitas berat adalah dengan mengompresnya dengan es untuk mengurangi peradangan.

Caranya adalah dengan mengisi kantong plastik dengan es atau botol berisi air beku, lalu kompres dan diamkan di telapak kaki selama 5-15 menit.

3. Lakukan peregangan

Sebelum melakukan aktivitas berat yang banyak mengandalkan kaki maka bisa dilakukan beberapa latihan peregangan terlebih dahulu.

Anda bisa menargetkan peregangan untuk satu area kaki atau seluruhnya, seperti jari kaki atau tumit.

4. Terapkan Metode RICE

RICE meruapakan singkatan dari rest yakni menjauhi kaki yang cedera dari aktivitas berat, ice atau mengompres es ke kaki.

Lalu, compression yakni membalut kaki atau pergelangan kaki dengan perban, namun jangan terlalu ketat agar tidak menggangu peredaran dara.

Terakhir adalah elevation yakni meninggikan kaki yang cedera melebih posisi jantung, caranya bisa dilakukan dengan berbaring dan angkat kaki ke tembok.

Metode RICE ini diterapkan jika Anda keseleo yang menyebabkan sakit telapak kaki saat berjalan.

5. Pijat Kaki

Cara mengatasi sakit telapak kaki saat berjalan adalah dengan melakukan pijatan lembut di bagian bawah kaki.

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi.

Jihan Hoirunisa
Reporter