TANGSELIFE.COM- Banyak orang memilih cara mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak secara alami sebelum beralih ke pengobatan medis.

Tak bahan alami untuk mengobati sakit gigi hanya saja jika penggunaannya tidak tepat, sakit gigi dan gusi bengkak tentu akan lebih parah.

Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak dengan bahan alami kerap dilakukan karena kondisi darurat. Terlebih saat sedang aktivitas, jarak klinik yang jauh, atau antrean panjang konsultasi dokter gigi.

Pada umumnya, gigi berlubang sulit terdeteksi karena gejalanya tidak menyebabkan rasa sakit pada awalnya.
Jika pengobatan sakit gigi berlubang tidak sejak dini, maka lubang pada gigi akan semakin membesar dan dapat menyebabkan pembusukan, infeksi, bahkan kehilangan gigi.

Penyebab utama sakit gigi berlubang yang berbarengan dengan gusi bengkak karena adanya plak di mulut. Plak terbentuk di gigi sebagai hasil dari sisa-sisa makanan yang kaya gula seperti permen, roti, susu, buah-buahan, kue, sereal, dan minuman berkarbonasi.

Penyebab lainnya adalah konsumsi makanan atau minuman mengandung asam berlebih, kurangnya kebersihan gigi, penggunaan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride.

8 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Jika rasa sakit sudah tidak terobati, ada beberapa cara pengobatan sakit gigi tradisional yang mudah ditemukan.

Bawang Putih, Garlic
Senyawa aktif yang terdapat dalam bawang putih, yaitu allicin, juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membunuh bakteri.

1. Bawang Putih

Bawang putih segar telah lama terkenal sebagai obat yang ampuh untuk meredakan sakit gigi karena memiliki sifat anti inflamasi dan analgesik yang kuat.

Selain itu, senyawa aktif yang terdapat dalam bawang putih, yaitu allicin, juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bawang putih, cukup potong atau cincang bawang putih segar, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Lakukan beberapa kali hingga rasa sakit berkurang.

Buah Pala,
Pala juga memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup kuat untuk mengobati peradangan pada gigi.

2. Pala

Pala juga memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup kuat. Taburkan sejumput bubuk pala pada area gigi yang sakit dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, berkumurlah dan bilas dengan air hangat. Ulangi beberapa kali sampai rasa nyeri berkurang.

Cengkeh
Selain cengkeh utuh, minyak cengkeh juga membantu melawan sakit gigi lebih cepat

3. Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat pereda nyeri dan antiradang. Cukup tempelkan cengkeh pada area gigi yang sakit dan menahannya di sela-sela gigi selama beberapa saat. Selain cengkeh utuh, minyak cengkeh juga membantu melawan sakit gigi lebih cepat dengan mengoleskan minyak cengkeh pada bola kapas kemudian dioleskan pada gigi yang sakit.

4. Kayu Manis

Kuyah satu batang kayu manis utuh agar bercampur dengan air liur. Hal ini dapat membantu mengekstraksi senyawa dalam kayu manis dengan sempurna untuk menghilangkan rasa sakit.

5. Thyme

Sebuah studi tahun 2016 di BMC Complementary Medicine and Therapies menemukan bahwa thyme sangat efektif dalam mengobati sakit gigi. Oleskan minyak esensial thyme pada area gigi yang sakit. Bisa juga dengan mencampurkannya dengan air hangat sebagai obat kumur.

Teh hijau, kolesterol, serangan jantung, lemak, stroke
Teh hijau mengandung antioksidan dan senyawa polifenol yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

6. Teh Hijau

Nutrisi teh hijau seperti polifenol dan senyawa aktif lainnya telah terbukti efektif dalam mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Seperti penyakit kanker, penyakit jantung, diabetes, Alzheimer dan gigi berlubang. Banyak penelitian telah didedikasikan untuk menguji keefektifan katekin dan terutama epigallocatechin gallate (EGCG) yang terkandung dalam teh hijau.

Kandungan dalam teh hijau seperti EGCG mampu mencegah pembentukan biofilm bakteri di dalam mulut, paling sering berupa plak. Minum teh hijau setiap hari membantu menghilangkan plak dari gigi dan gusi. Teh hijau bisa juga mengonsumsinya dengan campuran jus lemon.

7. Garam

Bahan selanjutnya untuk mengobati nyeri gigi berlubang adalah air garam. Bakteri berkembang biak di tempat asam. Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara meredakan sakit gigi.

Karena garam dapat menyerap air dengan efektif, sehingga bakteri jahat di mulut dapat terserap juga.

Jika ingin berkumur dengan air garam untuk meredakan sakit gigi, larutkan 1 sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air hangat. Aduk sebentar hingga garam benar-benar larut, lalu berkumurlah dengan campuran tersebut selama 15-30 detik.

Jeruk Nipis
Selain untuk perawatan kulit wajah, jeruk nipis juga sangat ampuh untuk mengobati gigi berlubang.

8. Jeruk Nipis

Selain untuk perawatan kulit wajah, jeruk nipis juga sangat ampuh untuk mengobati gigi berlubang. Meski rasanya asam dan cukup sakit saat ditekan langsung ke rongga. (Iis Suryani)

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu