TANGSELIFE.COMNonton konser di luar negeri jadi pengalaman seru bagi seseorang yang ingin menyaksikan atau bertemu langsung dengan idolanya.

Untuk melakukannya, diperlukan persiapan yang matang agar aktivitas nonton konser berjalan maksimal tanpa hambatan.

Belakangan ini sejumlah artis internasional mengadakan tur konser keliling dunia. Sayangnya, ada beberapa negara yang tak dikunjungi oleh artis tersebut.

Oleh sebab itu penggemar yang ingin menonton sang idola harus menyambangi negara terdekat demi melihat penampilan idolanya secara langsung.

Masyarakat Indonesia sendiri cukup antusias saat nonton konser di luar negeri. Salah satu negara yang menjadi destinasi mereka adalah Singapura.

Setelah berhasil mendapatkan tiket konser di luar negeri, simak tips berikut agar menonton konser berjalan tanpa hambatan!

Tips Nonton Konser di Luar Negeri

1. Riset negara tujuan tempat berlangsungnya konser

Tips nonton konser di luar negeri

Sebelum nonton konser di luar negeri, pastikan kamu mengetahui bagaimana iklim dan budaya negara yang akan dituju.

Memahami kondisi iklim untuk menghindari kemungkinan salah membawa pakaian. Perlu juga menghormati budaya dengan prinsip ‘di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung’.

Hal itu dilakukan demi menghindari kesalahpahaman dengan warga lokal yang bisa berakhir pada masalah.

2. Pastikan tiket konser berhasil dibeli dari situs resmi atau penjual resmi

Tips nonton konser di luar negeri

Satu hal yang sangat diperlukan untuk nonton konser di luar negeri adalah memastikan kalau tiket konser berhasil dibeli. Selalu pantau informasi mengenai tiket konser di situs atau media sosial resmi penyelenggara acara tersebut.

Bagi kamu yang membelinya melalui pihak ketiga, diharapkan untuk selalu berhati-hati dan pastikan bahwa ia adalah penjual yang terpercaya.

3. Cek masa aktif paspor

Tips nonton konser di luar negeri

Kemudian periksa persyaratan paspor, juga visa apabila dibutuhkan. Selain itu, persiapkan juga dokumen perjalanan untuk negara yang akan dikunjngi.

Untuk negara di sekitar ASEAN, seperti Singapura memang tidak memerlukan visa, namun beberapa negara lain memerlukan visa sebelum masuk. Sementara itu negara lain memberikan visa on arrival.

Luangkan waktu untuk memeriksa persyaratan ini dan memprosesnya sesuai dengan jangka waktu yang diperlukan.

Apabila negara yang akan dituju membutuhkan visa, biasanya akan melibatkan biaya tambahan. Oleh sebab itu, pastikan juga untuk menganggarkan dana.

4. Menyiapkan anggaran perjalanan

Tips nonton konser di luar negeri

Hal mendasar yang perlu disiapkan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri adalah menyiapkan anggaran perjalanan secara keseluruhan.

Anggaran yang perlu dipersiapkan mencakup biaya tiket pesawat, akomodasi, transportasi lokal, makanan, dan pengeluaran lainnya.

Perlu diperimbangkan juga fluktuasi mata uang dan perbedaan harga di negara yang ingin dikunjungi. Sebaiknya buat daftar rinci semua biaya yang kemungkinan akan dikeluarkan dan tetapkan anggaran yang realistis.

5. Siapkan anggaran ekstra khusus untuk merchandise

Tips nonton konser di luar negeri

Bicara soal konser musik, biasanya manajemen artis juga menyiapkan sejumlah merchandise untuk dijual kepada penggemar.

Merchandise ini bisa menjadi kenang-kenangan atau oleh-oleh tersendiri bagi kamu yang sudah menyaksikan konser tersebut.

Agar tak kelewatan membeli merchandise dari idola kesayangan, pastikan kamu telah menyiapkan anggaran lebih sejak awal.

6. Tentukan penginapan dekat venue konser

Tips nonton konser di luar negeri

Setelah urusan tiket dan rincian anggaran dipersiapkan, kini saatnya kamu memesan tempat penginapan.

Disarankan memilih tempat penginapan yang dekat dari venue atau berada di lokasi yang mudah dijangkau oleh transportasi umum. Selain menghemat ongkos, tips ini bisa mengurangi jejak karbon.

Hal ini tentu akan memudahkan kamu ketika konser selesai. Pasalnya, acara musik baru selesai mendekati tengah malam, sehingga pilihan transportasi semakin sedikit.

Oleh karena itu, pilih lokasi penginapan yang bisa ditempuh dengan jalan kaki. Ini menghemat anggaran selama trip di luar negeri.

7. Persiapkan itinerary selama di luar negeri

Tips nonton konser di luar negeri

Selain nonton konser di luar negeri, kamu juga bisa sekalian melakukan kegiatan lain saat berkunjung ke negara tersebut.

Misalnya saja mengunjungi tempat wisata, wahana bermain, atau kegiatan lain yang menjadi pelengkap perjalanan konser kamu.

Adanya layanan online semakin mempermudah kamu untuk membeli tiketnya sejak awal, sehingga membantu mengatur itinerary lebih rinci.

8. Jaga kesehatan tubuh

Tips nonton konser di luar negeri

Menjaga kesehatan tubuh menjadi hal utama jika memutuskan nonton konser di luar negeri.

Hal ini dikarenakan perjalanan menuju negara lain bisa memakan waktu lama, perbedaan iklim dan zona waktu yang membutuhkan penyesuaian, hingga acara konser yang bisa memakan waktu sekitar 3 sampai 5 jam.

Faktor tersebut tentu membutuhkan kesehatan fisik yang memadai.

Kondisi kesehatan yang maksimal sejak sebelum, ketika, dan sesudah konser berlangsung tentunya membuat pengalaman menonton konser di luar negeri jadi lebih maksimal.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan sejumlah obat-obatan yang diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang terjadi di luar dugaan.

Dwi Oktaviani
Editor