Tangselife.com – 3 perusahaan besar di Banten rencananya akan hengkang ke Jawa Tengah pada 2023.

Ketiga perusahan yang akan direlokasi yaitu PT KMK Global Sport di Cikupa, Kabupaten Tangerang, PT Nikomas Gemilang dan PT Parkland World Indonesia (PWI) 1 dan 2 di Cikande, Kabupaten Serang.

“Nikomas (pindah) ke Pekalongan, KMK ke Salatiga dan Temanggung, PT PWI 1 dan PWI 2 ke Pati,” ucap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten Septo Kalnadi dikutip dari Kompas.com, Jumat (11/11/2022).

Salah satu alasan relokasi perusahaan yaitu karena tingginya nilai Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) di Banten.

Dikhawatirkan ini akan berdampak pada bertambahnya jumlah pengangguran di wilayah tersebut.

Seperti misalnya PT Nikomas yang jumlah pekerjanya mencapai 54 ribu orang. Jika nanti dipindah bertahap ke Jawa Tengah, otomatis sekitar 47 ribu tenaga kerja akan kehilangan mata pencahariannya.

“Kalau dia hengkang kita engga tahu disisakan berapa. Kalau disisakan 5.000 sampai 7.000 dan itu sisanya potensi pengangguran,” ungkap Septo.

Pihak perusahaan saat ini menyiapkan berbagai program pelatihan agar para tenaga kerja bisa membuka lapangan pekerjaan baru atau mandiri setelah diberhentikan.

Selain itu, Pemprov Banten bakal berkerja sama dengan industri lainnya untuk menyerap tenaga kerja.

Dengan demikian, diharapkan dapat mengurangi potensi jumlah pengangguran yang akan terjadi.

Kemudian pada tahun 2025 rencananya akan ada dua perusahaan besar yang masuk ke Banten yaitu PT Chandra Asih dan PT Lotte Chimical.

Diharapkan kedua perusahaan nantinya dapat menampung jumlah tenaga kerja lokal yang ada.

“Sedangkan yang masuk (investasi) besar sih Rp 1,7 triliun di Cilegon ada Chandra Asih, Lotte yang akan beroperasi 2025, bukan sekarang,” jelas Septo. (RMZ/ASN)