TANGSELIFE.COM – Ratusan rumah tak layak huni (RUTLH) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan diperbaiki. Target 255 rumah diperbaiki sebelum Idul Fitri.

Ratusan rumah tak layak huni itu diperbaiki oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel.

Soal rumah tak layak huni, Kepala Disperkimta Kota Tangsel Aries Kurniawan mengatakan, ada 510 rumah yang akan diperbaiki. Separuh dari jumlah itu akan diperbaiki sebelum lebaran.

Secara keseluruhan Pemkot Tangsel menargetkan dapat membedah sebanyak 2.500 rumah yang dilakukan secara bertahap sejak tahun 2017 lalu.

“Rumah tak layak huni di 2024 memang ada program dari Pak Wali Kota untuk bedah rumah sebanyak 510 rumah.  Sampai saat ini (tahun 2023, red) sudah di bedah kurang lebih 2.000 rumah,” kata Aries di salah satu hotel di wilayah Serpong Utara, Kamis, 25 Januari 2024.

Aries mengungkapkan, ratusan rumah yang akan dibedah merupakan pengajuan yang masuk melalui forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan telah dilakukan verifikasi sesuai persyaratan yang telah ditentukan.

Aries menyebut, rumah yang akan diperbaiki pada tahun 2024 ini akan terbagi menjadi dua tahap.

“Untuk pelaksanaannya dari 510 ini ada dua tahapan, tahap pertama kita akan laksanakan pada bulan Februari sampai dengan lebaran ada 255 unit. Bulan Juni kita akan laksanakan lagi untuk tahap kedua sebanyak 255 unit,” ungkapnya.

Aries menuturkan, pihaknya mengalokasikan anggaran perbaikan sekira Rp71 juta menggunakan APBD untuk setiap satu unit rumah.

Sementara untuk waktu pelaksanaan dalam tahap pertama diprakirakan akan menghabiskan waktu hingga dua bulan lamanya.

“Perbaikin dilakukan terhadap rumah yang sudah tidak layak. Jadi rumah lama kita bongkar dan kita bangun kembali. Kurang lebih kita laksanakan satu sampai dua bulan,” terangnya.

510 unit rumah yang akan dibedah tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kota Tangsel dengan rincian Kecamatan Ciputat 68 unit, Ciputat Timur 65 unit dan Pamulang 65 unit.

Selain itu ada juga di Kecamatan Pondok Aren 94 unit, Serpong 80 unit, Serpong Utara 70 unit dan Setu 68 unit.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Wivyh
Editor
Andre Pradana
Reporter