TANGSELIFE.COM – Angin puting beliung disertai hujan deras terjang tiga kecamatan di Kabupaten Tangerang, pada Senin, 27 November 2023.

Akibat bencana tersebut, tercatat sebanyak 186 rumah alami kerusakan, bahkan ada belasan rumah yang sudah tidak ada lagi atapnya.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat, mengatakan, peristiwa angin puting beliung tersebut terjadi di Kecamatan Sukadiri, Rajeg, dan Kecamatan Pasar Kemis.

Lebih lanjut Ujat mengatakan, tingkat kerusakan rumah akibat angin tersebut beragam, maulai dari atap rumah yang sudah terangkat, rusak ringan hingga rusak berat.

“Akibat bencana angin puting beliung itu, wagra pun terus bahu-membahu untuk lakukan perbaikan, dibantu juga petugas BPBD,” ujarnya.

Tidak hanya rumah tinggal warga saja yang alami kerusakan, tetapi rumah ibadah serta ruko juga terdampak.

“Ada 1 Musolah dan 1 ruko yang terdampak,” katanya.

Sementara itu, Ketua RT18/03 Kampung Tugu, Desa Gintung, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang mengatakan, di wilayahnya terdapat 16 rumah mengalami kerusakan.

“Saat ini memnag lagi istirahat, dan hujan deras turun, angingnya itu langsung kencang saya lihat atap rumah warga terbang,” katanya.

Alhasil, akibat bencana tersebut, terdata 16 rumah yang rusak dengan kondisi tanpa atap. Bahkan, beberapa bangunan pun ambruk.

“Rata-rata atap rumah yang rusak, rinciannya 13 rusak sedang, dan 3 rusak berat,” jelasnya.

Atas kerusakan itu, Ali berharap adanya bantuan materil dari pihak pemerintah untuk membantu warganya memperbaiki kondisi rumah yang rusak usai diterjang angin kencang.

“Kami harap bantuannya berupa materil, seperti genting atau asbes, karena disini warganya juga kesulitan ekonominya. Kita pun hanya bisa patungan seadanya saja,” harapnya.

Sopiyan
Editor