tangselife.com – PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, mengaktifkan kembali posko terpadu pengamanan dan pelayanan bagi penumpang selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Tadi pagi Pak Menhub (Menteri Perhubungan) melalui Sekretaris Jenderal Perhubungan Udara telah membuka 20 Posko Nataru,” ungkap EGM KCU PT Angkasa Pura II, Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Senin (19/12/2022).

Ia mengatakan, di Bandara Soetta sendiri, posko terpadu Natal dan Tahun Baru tersebut sudah aktif mulai dari tanggal 15 Desember 2022 hingga 11 Januari 2023.

Dengan pengaktifan posko tersebut, lanjutnya, ditujukan guna menjaga aspek keamanan, pelayanan dan kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

“Untuk posko utama berada di Terminal 1B Bandara Soetta, sedangkan posko-posko layanan lainnya berada dimasing-masing terminal,” katanya.

Ia menyebutkan, selain untuk keamanan, pengaktifan posko terpadu juga merupakan tindakblanjut dari instruksi Kementerian Perhuhungan membuka terkait pembukaan posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 di 20 bandara se-Indonesia.

Kemudian, ia menambahkan, untuk kondisi jumlah penumpang melalui Bandara Internasional Soetta dprediksi kemungkinan terhadi lonjakan pada Nataru tahun ini yang berbarengan liburan sekolah.

“Lonjakannya sedikit karena ada kendala, yakni harga tiket tinggi sehingga tidak mendukung,” tambahnya.

Berdasarkan data Office In Charge Bandara Soetta, jumlah pergerakan penumpang dalam satu hari sekitar 120 ribu orang, baik yang datang maupun pergi dari bandara terbesar di Indonesia ini.

Sementara, berdasarkan data yang disampaikan oleh Kementerian Perhubungan bahwa jumlah penumpang pesawat tahun ini meningkat sekitar 53,18 persen, sehingga sejumlah maskapai penerbangan melakukan 98 extra flight dengan 17,400 kursi.

“Puncak kepadatan Nataru ini diprediksikan akan terjadi pada 23-26 Desember 2022, dan untuk arus balik akan terjadi pada 30 Desember dan 2 Januari 2023,” kata dia. (AZM/ASN)