TANGSELIFE.COM– Arak-arakan Timnas U-22 yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK) Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Mei 2023 berlangsung meriah.

Untuk diketahui, arak-arakan itu digelar menyambut Timnas Indonesia U-22 usai meraih medali emas SEA Games 2023.

Medali emas ini berhasil diraih setelah Timnas U-22 berhasil menang dramatis saat laga final mengalahkan Thailand, Selasa 16 Mei 2023 malam WIB.

Medali emas sepakbola putra SEA Games ini adalah emas pertama yang bisa kembali diraih sejak Timnas Garuda  menjadi juara di SEA Games 1991 yang digelar di Filipina.

Jalannya arak-arakan itu disiarkan langsung oleh Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir di akun Instagram miliknya, Jumat, 19 Mei 2023 pagi.

Seluruh pemain Timnas U-22 diarak menggunakan bus dengan atap terbuka milik Transjakarta yang star dari kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pukul 08.47 WIB.

Selain para punggawa Garuda Muda, pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri juga ikut dalam bus dengan atap terbuka yang membawa para pemain sepakbola yang mengharumkan nama bangsa tersebut.

Saat itu, jalan di sekitar Geloran Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan, menjadi lautan manusia yang megeluk-elukan para pemain Timnas U-22 Indonesia.

“Indonesia! Indonesia! Indonesia! Indonesia Juara!” terdengar teriakan masyarakat yang menyambut arak-arakan tersebut. 

“Yang diraih Timnas U-22 bukan kemenangan terakhir tentunya. Tidak mudah menjaga ini!” ucap Erick Thohir dari atas bus dalam siaran langsung di Instagram pribadinya. 

Sementara itu, ratusan warga juga memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) menunggu kedatangan rombongan arak-arakan Timnas U-22. 

Warga rela menunggu berjam-jam hanya untuk melihat langsung pemain Timnas U-22 Indonesia dan juga atlet kontingen Indonesia pada SEA Games 2023.

Salah seorang warga mengatakan rela menunggu arak-arakan Timnas U-22 dari pukul 07.00 WIB. “Saya berangkat sejak subuh dari rumah,” terang Reihan warga Kota Tangerang.

Dia mengaku rela datang jauh-jauh ke Bundaran HI hanya untuk melihat para pemain Timnas U-22 secara langsung.

“Selama ini kan hanya liat dari televisi. Saya juga salut dengan semangat mereka hingga bisa meraih medali emas di SEA Games 2023,” cetus Reihan yang datang bersama 5 temannya. 

Arak-arakan Timnas U-22 Bentuk Apresiasi Kemenpora

Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengaku mengapresiasi kepada para atlet Indonesia yang telah berjuang dan berprestasi di SEA Games 2023 Kamboja.

“Sebagai bentuk apresiasi, Kemenpora menggelar “Pawai Juara” yang bukan hanya diikuti Timnas U-22 tapi juga atlet-atlet Indonesia yang telah berjuang di SEA Games 2023,” terangnya.

Dito menambahkan, pawai itu sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih pemerintah kepada para atlet Indonesia sudah berjuang memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama bangsa

“Acara pawai juara ini juga bentuk terima kasih kami terhadap pejuang olahraga kita di SEA Games 2023 Kamboja,” paparnya juga.

Menpora juga mengatakan, arak-arakan ini adalah momen kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia atas prestasi atlet Indonesi.

“Kita bisa tegak berdiri dengan kebanggaan Merah Putih di dada. Mereka semua yang membuat kita  yakin bisa berprestasi untuk kemajuan olahraga Indonesia,” tandas Dito juga.