TANGSELIFE.COM– Arus mudik yang melintasi Kota Tangerang untuk menuju Serang, dan Kota Cilegon untuk menuju Pelabuhan Merak terus bertambah pada H-4 Lebaran Idul Fitri 2023. 

Bukan hanya kendaraan roda empat tapi peningkatan juga terjadi terhadap kendaraan roda dua atau motor yang ingin mudik ke Provinsi Banten maupun ke Pulau Sumatera. 

Peningkatan volume kendaraan yang melintasi Kota Tangerang untuk mudik dibenarkan oleh Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho. 

Zain mengatakan, hingga saat ini jumlah kendaraan yang masuk ke rest area yang ada di Tol Tangerang-Merak tepatnya di KM 13,5 mencapai sekitar 14 ribu pada H-4 atau Selasa 18 April 2023.

”Memang sudah terjadi peningkatan kendaraan yang melintas menuju Serang dan Kota Cilegon. Untuk H-4 Lebaran 2023 jumlah kendaraan yang masuk ke rest area KM 13,5 sudah 14 ribu dalam sehari,” terangnya. 

Zain juga mengatakan, Kota Tangerang merupakan daerah perlintasan pemudik yang hendak ke wilayah Banten maupun hendak mudik ke Pulau Sumatera. 

Selain kendaraan roda empat, pemudik roda dua juga mulai terlihat banyak melintasi Kota Tangerang. Para pemudik motor ini berboncengan sambil membawa barang-barang di sisi kiri dan kanan motor. 

Guna menjaga keamanan para pemudik selama Lebaran 2023 ini, Polres Metro Tangerang Kota mendirikan 9 posko pengamanan yang terletak di lokasi strategis. 

“Kami memang menyiapkan 7 pos pengamanan, 2 pos pelayanan dan 2 pos pantau yang tersebar di berbagai titik di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota. Posko ini untuk melayani masyarakat,” katanya.

Karena itu, Zain mengimbau agar para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil dan motor untuk mengecek kendaraannya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

Selain itu, dia juga meminta agar para pemudik tak lupa membawa kelengkapan surat-surat berkendara agar nyaman di perjalanan. 

“Saya juga berpesan kepada para pemudik jaga kesehatan. Kalau kesehatannya kurang fit tidak membawa obat-obatan bisa juga mampir ke pos pengamanan atau pelayanan,” terangnya lagi. 

Selain itu juga Zain meminta agar pemudik dalam mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi guna  menghindari terjadinya kecelakaan.

“Karena orangtua dan kerabat menanti di kampung halaman. Jadi saya minta kepada pemudik berlalu lintas dengan tertib dan jangan ngebut nanti terjadi kecelakaan,” paparnya juga. 

Untuk terakhir kalinya, Zain meminta agar pemudik yang membutuhkan bantuan agar mendatangi pos pengamanan ataupun pos pelayanan yang telah tersedia di sepanjang jalur Kota Tangerang.