TANGSELIFE.COM – Pemerintah Provinsi (Pempro) Jawa Tengah kembali menyediakan program mudik gratis, bagi warganya yang tengah merantau ke Jabodetabek.

Program tersebut, telah dimulai sejak Kamis, 7 Maret 2024.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Jateng, Sarido, mengatakan, bahwa program mudik gratis itu, menyediakan kuota 11.400 kursi dengan moda transportasi bus dan 1.088 kursi kereta api.

“Untuk jumlah bus mudik yang disediakan sebanyak 228 unit. Dibanding tahun lalu, bus yang disediakan lebih banyak tahun ini,” ujarnya.

Lanjut Sarido, bus yang disediakan sebanyak 58 unit berasal dari bantuan gubernur, Bank Jateng, dan PT Semen Gresik.

Sedangkan i bantuan bupati/wali kota, Jasa Raharja dan Perum Perumnas, tersedia 130 bus. Adapun Bank Jateng memfasilitasi 40 bus.

Untuk rutenya sendiri, yaitu Jakarta-Solo menggunakan KA Jaka Tingkir dan rute Jakarta-Semarang menggunakan KA Menoreh.

Untuk mendaftar mudik gratis ini bisa dilakukan secara daring melalui www.pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id. Pendaftar nantinya diminta mengunggah sejumlah dokumen persyaratan.

Pendaftaran juga bisa dilakukan dengan langsung mendatangi Kantor Cabang Bank Jateng di Jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta, serta KCP Bank Jateng Kramat Jati, ataupun lewat paguyuban warga Jateng di Jakarta.

Sedangkan, bagi masyarakat difabel, yang ingin ikuti program ini, bisa langsung mendatangi Kantor Badan Penghubung Jateng di Jalan Dharmawangsa VIII Nomor 26 Kebayoran Baru, Jakarta.

Pemberangkatan peserta mudik gratis Pemprov Jateng ini akan dilakukan pada 6 April 2024 dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta.

Informasi lebih lanjut program Mudik Gratis Jateng 2024 itu dapat dilihat di akun media sosial @penghubungjateng maupun @perhubunganjtg, atau menghubungi nomor hotline 0813-1871-2523.

Sopiyan
Editor