TANGSELIFE.COM– Banjir di Perumahan Reni Jaya pada hari ini, Rabu 6 Desember 2023 diprakirakan sudah setinggi pinggang orang dewasa atau sekitar 80 centimeter.

Banjir yang menyebabkan puluhan rumah terendam air itu disinyalir karena intensitas hujan yang deras dan aliran sungai yang berada di sekitar perumahan mengalami pendangkalan.

Pasalnya, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Rabu, 6 Desember 2023 diguyur hujan deras, menyebabkan sebagian wilayah terendam banjir.

Salah satunya adalah banjir di Perumahan Reni Jaya, Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang.

Banjir di Perumahan Reni Jaya Diduga Akibat dari Sungai Dangkal.

Salah seorang warga Perumahan Reni Jaya, Andri mengatakan bahwa wilayahnya menjadi langganan banjir setiap kali hujan turun.

Selain itu, Andri berharap banjir di Perumahan Reni Jaya bisa segera ditangani oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Padahal sebelumnya sempat ada rencana untuk melakukan pendalaman sungai yang akan dilakukan oleh Pemkot Tangsel.

Namun, dalam praktiknya di lapangan, lanjut Andri, armada tersebut hanya melakukan pengerukan sekali saja.

“Kemarin juga sudah ada (mobil) beko dua kali, katanya mau ngedalemin sungai tapi dipajang doang. Hanya mengangkut satu truk doang,” kata Andri kepada Tangselife.com, Rabu, 6 Desember 2023.

Andri menceritakan, moment itu terjadi sekira 2 bulan lalu, saat itu salah seorang pegawai dari Pemkot datang untuk melakukan sosialisasi akan adanya pengerukan sungai untuk dilakukan pendalaman.

Setelah beberapa hari, sejumlah mobil pengeruk hadir ke wilayahnya, namun mobil-mobil tersebut tidak melakukan pengerukan sungai.

“Sekitar 2 bulan lalu. Dipajang doang (mobilnya), ngerjain cuma angkut satu truk, udah selesai,” ujarnya.

Pantauan Tangselife.com di lokasi pada pukul 19.00 WIB banjir di Perumahan Reni Jaya mulai mengalami surut hingga setinggi betis orang dewasa atau sekira 30 centimeter.

Sebagai informasi, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, hujan yang terjadi pada hari ini, Rabu, 6 Desember 2023 sedikitnya merendam 80 rumah warga.