TANGSELIFE.COM – Kementerian ESDM membagikan Rice Cooker gratis kepada masyarakat, untuk membantu masyarakat dalam beralih ke energi listrik, dan jumlah bantuan yang diberikan kepada warga sebanyak 333 ribu.

Adanya program itu, membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan meengusulkan 10 ribu nama warganya untuk menerima Rice Cooket gratis tersebut.

Plt Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Banten Deri Dariawan mengatakan, nama-nama calon penerima itu telah diusulkan.

“Yang menyampaikan usulan dari desa dan kelurahan di kabupaten-kota, totalnya itu 10 ribu penerima, itu yang diusulkan dari desa dan kelurahan,” paparnya, Selasa 21 November 2023.

Deri mengatakan, pendataan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan peraturan menteri, dan juga terlah terverifikasi pejabar desa atau kelurahan.

Selain itu, kementerian juga melakukan verifikasi atas data 10 ribu orang penerima rice cooker di Banten.

Dinas ESDM belum diberikan informasi kapan jadwal penyaluran bantuan itu ke masyarakat. Termasuk, berapa kuota yang disetujui oleh kementerian khusus untuk penerima di Banten.

“Sampai sekarang kita belum tahu kuotanya dari pusat,” ucapnya.

Diketahui, Kementerian ESDM menerima total data 333 ribu calon penerima yang sudah tercatat. Jumlah itu belum semua dari yang ditargetkan sebanyak 500 ribu penerima.

Sopiyan
Editor