TANGSELIFE.COM – Hingga kini status Gibran Rangkabuming Raka di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum juga jelas, sikap pimpinan PDIP pun berbeda terkait status Gibran.

Bahkan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri pun belum memutuskan seperti sikap partai berlambang Banteng Moncong Putih itu.

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP, Komarudin Watubun, menyatakan secara umum saat ini Gibran sudah tidak lagi menjadi kader partai banteng.

“Secara de facto, keanggotaan Gibran di PDI Perjuangan telah berakhir setelah pendaftarannya secara resmi menjadi cawapres dari KIM,” kata Komarudin dalam keterangan resmi seperti dikutip Jumat, 26 Oktober 2023.

Meski pun secara de facto yang disebutkan Komarudin tersebut, namun hingga kini belum ada kejelasan juga terkait status Gibran di partai.

Sehingga ramai kini beda sikap Budiman Sudjatmiko yang langusng dipecat dari partai ketika mendukung Prabowo Subianto.

Bahkan, Puan Maharani salah satu Ketua PDIP, justru seolah menegaskan bahwa Gibran masih sebagai kader PDIP.

Dimana Puan mengatakan, bahwa sebelum memenuhi pinangan Prabowo, Gibran sempat berkomunikasi dengan dirinya.

“Sudah ketemu ngobrol-ngobrol banyak hal yang kami bicarakan dan ya sudah ga masalah Mas Gibran pamit dan ingin menjadi cawapres dari Mas Prabowo,” ujarnya.

Puan menegaskan bahwa Gibran pamit untuk menjadi cawapres dan tidak pamit untuk mundur dari kader PDIP.

Dia menyebut hingga kini Gibran belum mengembalikan kartu tanda anggota. “Hanya pamit untuk menjadi cawapres Pak Prabowo,” ujar Puan.

Lebih jauh Puan mengatakan persoalan maju menjadi cawapres merupakan otoritas Gibran. Ia menyebut, putra Presiden Joko Widodo itu punya hak untuk bisa maju ikut dalam kontestasi karena telah memenuhi syarat.

Sopiyan
Editor