TANGSELIFE.COM– Rombongan kedua jemaah haji Tangsel akan diberangkatkan pada Kamis, 1 Juni 2023 besok.

Direncanakan jemaah haji Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang akan berangkat besok berjumlah 383 jemaah dan ditambah 10 petugas haji.

Jemaah haji Kloter 28 JKG akan dilepas bada Maghrib dari Islamic Center Tangsel, untuk kemudian menuju Asrama Haji Pondok Gede, dan sampai pukul 21.00 WIB.

Guna mempersiapkan keberangkatan rombongan kedua jemaah haji itu, sehari sebelumnya digelar rapat persiapan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Tangsel.

Rapat persiapan itu dipimpin Plh Kasubbag TU Kemenag Tangsel Ade Sihabuddin di Ruang Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Tangsel.

Rapat persiapan itu juga dihadiri Plh Kasi PHU Kemenag Tangsel Abdul Syukur, dan sejumlah panitia haji yang akan mempersiapkan keberangkatan tersebut.

Rencananya, pelepasan rombongan kedua jemaah haji Tangsel yang masuk kelompok terbang (kloter) 28 JKG itu dilakukan di Islamic Center Tangsel di Kecamatan Serpong.

“Jadi lokasi pemberangkatan rombongan kedua jemaah haji Tangsel yang masuk kloter 28 JKG  tetap dilaksanakan di Islamic Center Tangsel,” terang Ade Sihabuddin, Rabu, 31 Mei 2023.

Dia juga mengingatkan agar seluruh panitia selalu siap melayani jemaah haji Tangsel mulai saat pelepasan, saat pemberangkatan di bus, hingga Asrama Haji Pondok Gede.

“Jemaah haji harus dilayani dengan baik. Apalagi calon jemaah haji lansia. Panitia harus sigap melayani dan membantu. Beri mereka kenyamanan,” cetusnya.

Ade juga mengatakan saat pelepasan dan jemaah haji hendak masuk ke dalam bus sebelum ke Asrama Haji Pondok Gede harus dibantu dan didampingi.

“Tuntun dan arahkan para jemaah haji terutama yang lansia saat duduk di bangku bus. Buat mereka nyaman,” katanya juga.

Dia juga meminta agar panitia pemberangkatan mendata dan melakukan absensi jemaah haji sebelum masuk ke bus dan sebelum berangkat ke Asrama Haji Pondok Gede.

“Tolong jemaah haji diabsen sebelum bus berangkat. Pastikan seluruh jemaah haji sudah ada di dalam bus. Jika ada jemaah yang belum datang, dilaporkan,” tandasnya.

Untuk diketahui, jemaah haji Kloter 28 JKG akan dilepas bada Maghrib atau sekitar pukul 18.30 WIB di Islamic Center Tangsel yang berlokasi di kawasan BSD.

Selanjutnya, 393 calon jemaah haji Tangsel itu menuju Asrama Haji Pondok Gede, dan sampai pukul 21.00 WIB. Mereka akan menginap satu malam atau hingga Jumat 2 Juni 2023.

Pada malam harinya, jemaah haji asal Tangsel itu akan diberangkatkan ke Madinah melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat 2 Juni 2023 sekitar pukul 21.25 WIB.

Menumpang pesawat Garuda Indonesia Airlines (GIA) 7324, rombongan kedua jemaah haji Tangsel itu rencananya mendarat di Bandara AMMA Madinah, Sabtu, 3 Juni 2023 pukul 03.15 WIB. 

Sedangkan Plh Kasi PHU Kemenag Tangsel Abdul Syukur mengatakan kalau rombongan kedua jemaah haji Tangsel akan tergabung dalam Kloter 28 JKG.

“Jumlah jemaah haji mencapai 383 oang dan 10 orang petugas haji yang akan mendampingi,” terangnya.

Dia juga mengatakan kalau kloter 28 JKG itu cukup istimewa karena petugas pendamping hajinya  adalah Kepala Kantor Kemenag Tangsel.

“Jadi semoga segala sesuatunya untuk proses keberangkatan rombongan kedua jemaah haji Tangsel ini dapat disiapkan sebaik mungkin dan lancar,” tandasnya.

Untuk diketahui, rombongan pertama jemaah haji asal Tangsel sudah diberangkatkan pada Kamis, 25 Mei 2023 pukul 13.30 WIB lalu.

Pelepasan calon jemaah haji asal Tangsel itu dilakukan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan di Islamic Center Tangsel sekitar pukul 13.30 WIB.

Sebanyak 385 jemaah haji rombongan pertama yang masuk kloter 10 itu dilepas dengan menggunakan 9 bus menuju Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Jadwal Keberangkatan Rombongan Jemaah Haji Tangsel 

Rombongan Pertama 

  • Pemberangkatan : Kamis 25 Mei 2023
  • Jumlah Jemaah : 385 jemaah
  • Petugas Haji : 7 orang
  • Kloter : 10 JKG

Rombongan Kedua 

  • Pemberangkatan: Kamis 1 Juni 2023
  • Jumlah Jemaah : 383 jemaah
  • Petugas Haji : 10 orang
  • Kloter : 28 JKG

Rombongan Ketiga

  • Pemberangkatan : Senin 12 Juni 2023
  • Jumlah Jemaah : 182 jemaah (digabung dengan kloter lain)
  • Petugas Haji : 7 orang

Rombongan Keempat

  • Waktu : Selasa 13 Juni 2023
  • Jumlah Jemaah : 49 jemaah (digabung dengan kloter lain)
  • Petugas Haji : 9 orang