TANGSELIFE.COM-Cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan gelombang laut tinggi dalam beberapa hari mendatang bakal melanda sejumlah daerah di Tanah Air hingga Rabu 12 April 2023. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), melalui Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta memperingatkan kalau Bibit 98S berpotensi tinggi menjadi Siklon Tropis. 

Karena itu, BMKG meminta masyarakat perlu waspada. Peringatan itu diberikan terutama untuk nelayan yang tengah melaut atau jalur penyeberangan laut dan angkutan barang laut.

Dalam pernyataan resminya, BMKG menyebutkan kalau saat ini Bibit 98S terpantau di Laut Timor sebelah barat daya Saumlaki, tepatnya di sekitar 11.0°LS 128.4°BT.

Lokasi itu masih dalam wilayah monitoring TCWC Jakarta, dengan kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum 1000 mb.

”Kondisi angin menunjukkan sirkulasi siklonik di lapisan bawah hingga menengah (850-500 mb) dengan kecepatan angin berkisar 20-25 knots,” sebut BMKG dalam penyataan tertulisnya, Minggu 9 April 2023.

BMKG juga menyebutkan faktor pendukung lain yang menyebabkan makin aktifnya Bibit 98S karena munculnya gelombang Equator Rossby (ER).

ER terjadi pada konvergensi lapisan bawah kategori sedang, divergensi lapisan atas dengan kategori sedang-tinggi, dan vortisitas kuat di lapisan 850, 700, dan 500 mb.

Kondisi itu juga diimbangi suhu permukaan laut yang cukup hangat antara 30-31°Celcius dan aliran massa udara keluar atau outflow yang baik hingga mendukung tumbuh kembang bibit 98S tersebut.

”Jadi hingga  24 jam sampai 36 jam, terjadi sirkulasi siklonik yang semakin terpusat terutama di lapisan bawah, adanya peningkatan kecepatan angin, dan pergerakkan bibit ke arah Barat Daya,” tulisnya juga.

Sementara itu, dalam unggahannya di situs resminya BMKG meminta agar masyarakat tidak panik menghadapi ancaman Bibit 98S, tapi perlu meningkatkan kewaspadaan. 

Pasalnya, Bibit 98S walau menjadi Siklon Tropis tidak berbahaya tapi memang menimbulkan hujan dengan intensitas tinggi, ringan dan sedang. 

Begitu juga dengan yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya, hingga Rabu, 12 April 2023 nanti wilayah Jabodetabek bakal diguyur hujan lebat hingga ringan yang disertai petir/kilat dan angin kencang.

1. Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir/Kilat dan Angin Kencang

– Sumatera Barat
– Sumatera Utara
– Sumatera Selatan
– Bengkulu
– Jambi
– Kep. Bangka Belitung
– Lampung
– Jawa Barat
– Yogyakarta
– Jawa Timur

– Bali
– Nusa Tenggara Barat
– Nusa Tenggara Timur
– Kalimantan Tengah
– Kalimantan Barat
– Kalimantan Timur
– Kalimantan Utara
– Sulawesi Tengah
– Maluku
– Papua Barat
– Papua dan

2. Wilayah Berpotensi Hujan Disertai Kilat/petir dan Angin Kencang:

– Aceh
– Banten
– DKI Jakarta
– Jawa Tengah
– Kalimantan Selatan
– Sulawesi Selatan
– Sulawesi Barat
– Maluku Utara