tangselife.com – Waspada, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut prakiraan cuaca hari ini, Jumat 10 Ferbruari 2023, bakal terjadi angin kencang dan hujan lebat.

Angin kencang dan hukan lebat itu dipicu lantaran adanya siklus Siklon Tropis Freddy.

Dalam surat resmi prakiraan cuacanya, BMKG menyebut Siklon Tropis Freddy berada di posisi Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah.

Siklon Tropis Freddy itu bergerak ke arah Barat dengan kecepatan 7 knots atau 13 kilometer per jam bergerak menjauhi wilayah Indonesia hingga pukul 19.00 WIB.

Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Freddy meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah Barat menjauhi wilayah Indonesia.

Dampak dari siklon tersebut akan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

Sementara potensi angin kencang lebih dari 25 knot di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Sementara tinggi Gelombang 1.25 – 2.5 meter di Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Perairan selatan Bali hingga Sumba, Selat Bali – Lombok – Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Selat Sape bagian selatan, Laut Sawu, dan Samudra Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat.

Sementara tinggi Gelombang 2.5 – 4.0 meter di Perairan selatan Jawa Tengah hingga Jawa

Timur dan Samudra Hindia selatan Jawa Barat hingga Bali. (VYH/ASN)