TANGSELIFE.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi banjir.

Salah satu langkah yang siapkan BPBD Tangsel yaitu memastikan sejumlah peralatan siap untuk digunakan jika banjir terjadi di Kota Tangsel.

“BPBD Tangsel saat ini ada 8 perahu karet yang siap digunakan, namun ada juga perahu karet yang stand by di beberapa wilayah rawan banjir,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel, Fahrizal Gumay, Rabu, 8 November 2023.

“Perlengkapan personel penyelamat BPBD Tangsel yang akan bertugas di lapangan juga dipastikan lengkap sesuai dengan SOP yang berlaku,” lanjutnyam

Gumay menuturkan, selain peralatan evakuasi BPBD Tangsel juga memiliki Satuan Tugas (Satgas) berisi 20 personel yang besiaga 24 jam untuk mengantisipasi jika terjadi banjir.

Lanjut Gumay, pihaknya juga memiliki 20 Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang tersebar di wilayah yang rentan terjadi banjir.

KSB sendiri memiliki tugas membantu petugas untuk membantu mengoorganisir masyarakat ketika menghadapi bencana di suatu wilayah.

BPBD Tangsel Miliki 10 Kampung Tangguh Bencana

Selain KSB, saat ini BPBD Kota Tangsel juga telah memiliki 10 Kampung Tangguh Bencana yang berada di 10 Kelurahan.

Ke-10 Kelurahan tersebut diantaranya Kademangan, Kranggan, Muncul, Rempoa, Cirendu, Jurang Mangu Barat, Pondok Jagung, Setu, Pondok Kacang Timur dan Serpong.

“Kita coba sama-sama mewaspadai beberapa kemungkinan bencana yang terjadi jika musim penghujan tiba,” ungkapnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Kota Tangsel akan memasuki musik penghujan pada tanggal 10 November 2023 mendatang.

Forecaster Balai Besar MKG Wilayah II, Nindya Pradita, mengatakan, saat ini sejumlah wilayah termasuk Kota Tangsel, sedang mengalami peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan.

“Jika berdasarkan prakiraan musim hujan yang telah di rilis oleh Stasiun Klimatologi Banten, wilayah Kota Tangerang Selatan diprediksi akan memasuki musim hujan pada November Dasarian II atau tanggal 10-20 November,” kata Nindya ketika dihubungi Tangselife.com, Minggu, 5 November 2023.

“Artinya saat ini memang sedang memasuki peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan,” tambah Nindya. (Andre)

Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter