TANGSELIFE.COM– Para calon peserta mudik gratis 2023 Kemenhub (Kementerian Perhubungan) harus melakukan pendafataran jauh-jauh hari.

Ini karena program mudik gratis Kemenhub hanya menyediakan kuota terbatas.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, sebelum masa Covid-19, pemerintah menyelenggarakan program mudik gratis untuk masyarakat yang hendak berlebaran di kampung halaman.

Moda angkutan yang tersedia dalam program mudik gratis ini adalah untuk menekan jumlah pemudik yang melintasi jalur darat menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi.

Itu sebabnya, masyarakat diminta untuk memanfaatkan fasilitas mudik gratis dari pemerintah ini, terutama pengguna sepeda motor.

Cucu Mulyana, Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyebutkan, tiga moda transportasi akan mendominasi pada musim mudik Idul Fitri 2023, yakni mobil pribadi (22,07 persen), sepeda motor (20,3 persen), dan bus angkutan Lebaran (18,39 persen).

Pemerintah meminta agar pengendara sepeda motor yang hendak mudik untuk memilih moda angkutan mudik gratis yang disediakan, seperti bus dan kereta api, khusus tujuan ke kota-kota di pulau Jawa.

“Kami mengimbau agar pemudik tidak mengendarai sepeda motor, terutama jika waktu tempuh perjalanan bisa mencapai delapan jam dan membawa anak serta istri. Lebih baik naik bus atau kereta api yang sudah disiapkan secara gratis. Lebih aman dan nyaman,” kata Cucu.

Apalagi menurut catatan Direktorat Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Mabes Polri, 78 persen kecelakaan lalu lintas adalah pengguna sepeda motor.

Untuk saat ini Kemenhub baru membuka kembali mudik gratis 2023 dengan menggunakan moda transportasi Kereta Api dan Kapal.

Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023 Kereta Api

Bagi masyarakat yang hendak mendaftarkan diri dalam program mudik gratis Kemenhub ini bisa mengaksesnya ke website resmi.

Kemudian calon pemudik tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada dalam layar website.

Agar lebih mudah, calon pemudik bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka situs https://mudikgratis.dephub.go.id/ :
  2. Kunjungi situs tersebut dan pilih menu “Daftar Kereta Api”.
  3. Lakukan pendaftaran atau masuk ke akun yang dimiliki.
  4. Klik pada menu “Pendaftaran” dan isi Form Pendaftaran Peserta dengan beberapa data berikut:  Cek kuota perjalanan dengan memasukkan asal, tujuan, dan tanggal mudik/balik. Isi informasi data peserta dan pendukung dokumen yang diperlukan. Isi informasi kendaraan data beserta pendukung dokumen yang diperlukan.
  5. Setelah itu, informasi tiket akan muncul dan peserta dapat meninjau kembali pendaftaran data.
  6. Simpan resume pendaftaran dan lakukan verifikasi pendaftaran di posko sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih saat mendaftar untuk menghindari penghentian pendaftaran secara otomatis.
  7. Jika Anda hanya mendaftarkan sepeda motor, Anda harus memiliki atau menunjukkan bukti mudik moda transportasi lainnya.

Keterangan

  • Jika membawa kendaraan sepeda motor, serahkan sepeda motor H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan.
  • Saat penyerahan sepeda motor, peserta harus menunjukkan KTP asli dan bukti pendaftaran.
  • Biaya parkir akan dikenakan pada sepeda motor yang masuk di stasiun penyerahan maupun yang keluar di stasiun tujuan oleh pengelola parkir resmi stasiun.
  • Tidak diperbolehkan menitipkan helm dan spion kaca.
  • BBM harus dikosongkan saat penyerahan.
  • Kode booking tiket KA akan diberikan saat penyerahan sepeda motor.
  • Peserta tidak diperbolehkan memberikan tip kepada petugas motis 2023.
  • Peserta diharuskan sudah divaksin booster dan tunduk pada peraturan yang berlaku.

Mudik Gratis Kemenhub 2023 Menggunakan Kapal Laut

Berikut langkah-langkah mendaftar mudik gratis Kemenhub 2023 menggunakan moda kapal laut:

  1. Buka situs https://mudikgratis.dephub.go.id/
  2. Pilih menu “Daftar Untuk Laut”
  3. Isi data yang diperlukan pada menu “Pendaftaran Baru”
  4. Formulir pendaftaran lengkapi beserta dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan
  5. Klik “Simpan” dan “Ajukan Pendaftaran”
  6. Setelah itu, informasi tiket akan ditampilkan dan peserta dapat meninjau kembali data pendaftaran mereka
  7. Resume pendaftaran berhasil tersimpan dan dapat dilakukan proses verifikasi.

Keterangan:

  • Peserta yang mendaftar secara online wajib melakukan proses verifikasi untuk memastikan keikutsertaannya dalam program mudik gratis sesuai dengan tanggal yang telah dipilih.
  • Proses verifikasi dapat diwakilkan dengan syarat yang bersangkutan membawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.
  • Proses verifikasi dilaksanakan pada lokasi dan jadwal yang telah ditentukan.
  • Verifikasi calon peserta arus mudik dilakukan mulai 23 Maret hingga 7 April 2023, setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jakarta Utara dan di Lobby Gedung Cipta, Kantor Kementerian Perhubungan Jalan Medan Merdeka Barat No. 8, Jakarta Pusat.
  • Verifikasi calon peserta arus balik hanya berlaku untuk peserta arus balik Semarang ke Jakarta saja dan dilaksanakan mulai 25 Maret hingga 15 April 2023, setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Semarang.
  • Pada saat proses verifikasi, calon peserta atau perwakilan wajib membawa dokumen cetak bukti pendaftaran online, STNK asli, KTP asli, SIM C asli, dan kartu keluarga untuk calon peserta anak-anak.
  • Jika calon peserta tidak melakukan verifikasi data dalam waktu 3 hari setelah melakukan pendaftaran, kuota data booking mereka akan kadaluarsa dan kuota terkait akan kembali mudik untuk digunakan oleh calon pendaftar tersedia gratis lainnya.
  • Jika kuota yang tersedia habis digunakan oleh calon peserta baru, calon peserta dengan data booking kuota yang kedaluwarsa tidak akan lagi dapat melakukan proses verifikasi.