TANGSELIFE.COM – Kecamatan Ciputat paling rawan kebakaran se-Kota Tangerang Selatan (Tangsel), hal itu dikatakan langsung Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Raden Sigit Widodo, Kamis, 5 Oktober 2023.

Ada pun 3 Kecamatan tersebut, ialah Kecamatan Ciputat, Kecamatan Serpong dan Kecamatan Pondok Aren.

Berdasarkan catatan Disdamkar Kota Tangsel, sepanjang periode bulan Januari hingga bulan September 2023 terdapat 45 titik kebakaran di ketiga wilayah tersebut.

Dari 45 titik kebakaran, 24 diantaranya terjadi di Kecamatan Ciputat, 16 titik kebakaran terjadi di Kecamatan Pondok Aren dan sisanya 5 titik terjadi di Kecamatan Serpong.

Sigit menerangkan masuknya ketiga daerah tersebut ke dalam wilayah rawan kebakaran dikarenakan banyaknya objek yang mudah terbakar.

“Disana masih banyak ilalang (lahan yang berisi tanaman atau rumput) dan banyak sampah. Jadi terkadang masyarakat melalukan pembakaran sampah lalu menyambar ke objek-objek tersebut,” kata Sigit kepada Tangselife.com.

Selain itu, padatnya penduduk di ketiga wilayah tersebut juga menjadi faktor penambah potensi terjadinya kebakaran.

Terlebih, masih banyak masyarakat yang tidak terlalu memperhatikan kondisi kelistrikan di masing-masing rumah.

Sehingga, lanjut Sigit, hal itu sering kali menyebabkan terjadinya korsleting listrik yang menjadi penyebab kebakaran.

“Terkadang mereka masang listrik yang usianya sudah lama, minim perawatan, sehingga sering terjadi korsleting listrik,” katanya.

Sigit pun menghimbau kepada masyarakat untuk meminimalisir potensi terjadinya kebakaran di tengah musim kemarau yang berkepanjangan.

“Saya sudah melakukan himbauan kepada masyarakat melalui RT dan RW serta relawan kebakaran, kami mengingatkan untuk berhati-hati karena saat ini musim kering, sangat besar potensinya terjadi kebakaran,” pungkasnya. (Andre).

Sopiyan
Editor