TANGSELIFE.COM– Gempa bumi di Sukabumi, Jawa Barat berkekuatan 4,6 Magnitudo yang terjadi pada hari ini, Kamis 14 Desember 2023 pukul 06.35 WIB mengakibatkan sejumlah rumah mengalami kerusakan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri mencatat pusat gempa berada di darat 25 Km Barat Laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman 5 Km.

Bahkan, guncangan akibat gempa bumi di Sukabumi ini terasa hingga Kabupaten Bogor.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan catatan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) sedikitnya 68 rumah milik warga mengalami kerusakan.

“61 rumah terdampak di Kabupaten Bogor dan 7 rumah rusak di Kabupaten Sukabumi, dengan rincian 2 rumah rusak sedang dan 5 rumah rusak ringan,” kata Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Kamis, 14 Desember 2023.

Dampak gempa bumi di Sukabumi
Ada 68 rumah milik warga mengalami kerusakan di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor

Muhari menjelaskan, guncangan gempa juga turut berdampak terhadap 8 Kecamatan yang berada di dua Kabupaten tersebut.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor yang turut mersakan dampak guncangan gempa bumi di Sukabumi, diantaranya Kecamatan Pamijahan, Leuwiliang, Nanggung, dan Ciampea.

Sedangkan untuk Kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang terdampak diantaranya Kecamatan Kabandungan, Kalapanunggal, Kadudampi dan Cikembar.

“Hingga kini BPBD Kabupaten Sukabumi dan BPBD Kabupaten Bogor telah menerjunkan tim reaksi cepat ke lokasi terdampak untuk melakukan asesmen dan pendataan lanjutan dilapangan,” tandasnya.