TANGSELIFE.COM – Partai Demokrat merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan menyatakan bahwa Demokrat dukung Prabowo Subianto di bursa Pilpres 2024.

Bakal calon Presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, memberi tanggapan atas langkah Demokrat dukung Prabowo Subianto.

Ganjar Pranowo menyebut langkah Demokrat dukung Prabowo Subianto merupakan hak partai dan lumrah dilakukan.

“Semua partai boleh menentukan pilihannya,” kata Ganjar setelah mengisi kuliah kebangsaan di FISIP Universitas Indonesia, Senin 18 September 2023.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini juga belum memberikan sinyal terkait siapa sosok bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan mendampinginya.

Terkait kabar yang menyebut sosok Mahfud MD yang akan mendampinginya, Ganjar menyebut nama bakal cawapres masih dirumuskan.

“Lagi digodok,” ucap Ganjar singkat.

Demokrat Dukung Prabowo, Isu Gabung Koalisi PDIP Luruh

Dengan merapatnya Demokrat ke KIM, isu partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke koalisi PDIP luruh.

Diketahui, AHY juga sempat bersilaturahmi dengan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani.

Keputusan Demokrat bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) dinyatakan di rumah pribadi Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Minggu 17 September 2023.

Dukungan Demokrat untuk Prabowo ditandai dengan hadirnya rombongan Partai Demokrat yang dipimpin Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Acara pada hari ini adalah menerima secara resmi pernyataan dukungan dari Partai Demokrat untuk Pak Prabowo menjadi calon presiden di Pilpres 2024,” kata Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga.