TANGSELIFE.COM-Moonbin ASTRO sudah dimakamkan usai ditemukan tewas di rumahnya pada Sabtu 22 April 2023 secara tertutup dan rahasia. 

Hingga kini, penyebab kematian penyanyi boy band pria asal Korsel itu belum dikonfirmasi. Tapi para penggemar yakin kalau meninggalnya Moonbin bukan karena bunuh diri. 

Apalagi Moonbin sempat mengeluh sedang tak enak badan beberapa hari sebelum meninggal. Tapi pihak Kepolisian Gangnam Seoul menduga Moonbin mengakhiri hidupnya sendiri.

Perusahaan agensi yang menaungi grup K-pop ASTRO, Fantagio merilis pernyataan tambahan tentang proses pemakaman Moonbin ASTRO.

Pada Jumat 21 April 2023, Fantagio membagikan pernyataan yang menekankan keinginan keluarga Moonbin untuk merahasiakan proses pemakaman. 

Dilansir di Soompi, Jumat 21 April 2023, berikut ini pernyataan lengkap Fantagio:

“Ini adalah Fantagio. Prosesi pemakaman Moonbin akan dilakukan pada 22 April. Seperti diumumkan sebelumnya, prosesi pemakaman dan lokasi pemakaman tidak akan diungkap sesuai  keinginan keluarga yang ditinggalkan.

Sekali lagi, kami meminta pengertian para wartawan agar para anggota ASTRO dan keluarga yang berduka dapat mengantar mendiang dengan indah dalam perjalanan terakhirnya.

Selain itu, kami berterima kasih kepada semua orang yang telah mengirimkan belasungkawa yang mendalam.”

Dalam pernyataan sebelumnya, Fantagio meminta privasi dan menyampaikan keinginan keluarga Moonbin untuk melaksanakan pemakamannya secara diam-diam. 

“Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada orang-orang terkasih Moonbin. Semoga ia beristirahat dalam damai,” ujar Fantagio.

Untuk diketahui, Moonbin ASTRO meninggal dunia pada usia 25 tahun di kediamannya di Distrik Gangnam, Seoul, Korea Selatan oleh manajernya.

Kepolisian Gangnam Seoul melaporkan pada Rabu 19 April 2023 pukul 20.10 waktu setempat, mengatakan Moonbin ditemukan tewas diduga bunuh diri. 

“Tampaknya Moonbin bunuh diri. Kami saat ini sedang menyelidiki kemungkinan autopsi untuk menentukan penyebab pasti kematian,” tulis pernyataan resmi kepolisian setempat dikutip dari Soompi, Rabu 19 April 2023.

Dilansir Yonhap News, sang manajer datang karena Moonbin tak mengangkat teleponnya. Saat rumahnya didatangi oleh managernya, Moonbin ditemukan dalam keadaan tewas.