TANGSELIFE.COM – Dinas Perhubungan atau Dishub Tangsel mengusulkan kepada seluruh operator angkutan pemukiman untuk lebih memaksimalkan rute operasional masing-masing armada.

Diketahui di Kota Tangsel sendiri saat ini terdapat tiga angkutan pemukiman dalam kota yang eksisting beroperasi, di antaranya BSD Link, Sutera Loops dan Intrans Bintaro.

Usulan tersebut disampaikan Dishub Tangsel dalam rapat koordinasi perizinan angkutan pemukiman dalam kota dan lintas batas kota yang diselenggarakan di salah satu hotel di kawasan Serpong Utara, Selasa, 13 Agustus 2024.

Kepala Dishub Tangsel, Ayep Jajat Sudrajat mengatakan, selama ini armada angkutan pemukiman tersebut hanya beroperasi dalam rute yang sangat pendek.

Sehingga hal itu dinilai akan sulit membuat warga yang bermukim di kawasan tersebut kurang minat untuk menggunakan moda transportasi tersebut.

Ayep menyebut, selain itu usulan perpanjangan trayek diberikan agar seluruh moda transportasi publik yang ada di Kota Tangsel saling terkoneksi dan terintegrasi.

“Seharusnya mereka bisa terintegrasi, jadi mereka tidak bisa menetapkan rute secara tersendiri karena akan terputus-putus, sehingga pergerakan masyarakat tidak bisa ada simpul untuk perpindahan moda, masyarakat akhirnya kurang minat,” kata Ayep, Selasa, 13 Agustus 2024.

“Jadi dengan adanya rapat ini untuk me-rerouting rute-rute yang eksisting sekarang, kita tawarkan agar terintegrasi dengan transportasi publik yang lain,” tambahnya.

Ayep menyebut, pihaknya menawarkan opsi rute baru yang lebih panjang kepada para operator bahkan hingga saling melintasi antar wilayah.

Rute baru tersebut nantinya akan melewati sejumlah pemukiman perumahan, pusat kegiatan hingga pusat wisata.

Dengan begitu, diharapkan minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi tersebut menjadi lebih meningkat.

Nantinya angkutan pemukiman tersebut juga bersifat umum dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Tangsel.

“Mereka menyambut antusias dan akan dibahas di internal mereka, mudah-mudahan bisa terlaksana. Karena kalau masih pakai prinsip angkutan kawasan, mereka akan terkikis nanti dengan sendirinya. Dengan konsep ini manfaatnya warga-warga mereka lebih gampang untuk beraktivitas,” terangnya.

Dishub Tangsel berharap rencana perubahan rute tersebut bisa terlaksana dalam waktu dekat.

“Kami kira kalau angkutan tidak dalam trayek tidak akan lama, sudah bisa kita langsung pedomani, kalau mereka internanya sudah oke akan kita verifikasi sebelum akhirnya keluar Kepwal, maka bisa segera beroperasi. Jadi nanti akan terintegrasi antara angkutan pemukiman dalam kota, Transjakarta, dan angkutan pemukiman antar kota, jadi bisa terintegrasi,” pungkasnya.

Opsi Perubahan Rute Angkutan Pemukiman di Tangsel yang Diajukan Dishub Tangsel

Dishub Tangsel ajukan opsi rute transportasi umum baru
Salah satu angkutan pemukiman yang eksisting beroprasi di Tangsel. Foto: AEON Mall BSD

1. BSD Link

Angkutan pemukiman BSD Link yang selama ini hanya beroperasi di wilayah BSD, akan diperpanjang rutenya mulai dari BSD Junction – Alun Alun Pamulang (via Pemkot Tangsel) – hingga ke BX Change Mall.

2. Sutera Loop

Angkutan pemukiman Sutera Loop yang selama ini hanya beroperasi di wilayah Alam Sutera, akan diperpanjang rutenya mulai dari Living Word Mall – Graha Bintaro – hingga ke BX Change Mall.

3. Intrans Bintaro

Angkutan pemukiman Intrans Bintaro yang selama ini hanya beroperasi di wilayah Bintaro, akan diperpanjang rutenya mulai dari BX Change – Alun Alun Pamulang (via Pemkot Tangsel) – hingga ke BSD Junction.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter