TANGSELIFE.COM-Batas akhir pendaftaran anggota calon legislatif (caleg) yang akan berlaga pada Pemilu Legislatif 2024 semakin dekat. 

Karena itu sebanyak empat partai politik (parpol) mendaftarkan caleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang Selatan (Tangsel) pada Kamis 11 Mei 2023. 

Adapun empat parpol yang mendaftarkan calegnya untuk menjadi anggota DPRD Kota Tangsel yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PDI Perjuangan (PDIP) yang mendaftar pada pagi hari. 

Selanjutnya, pada siangnya dua parpol lagi mendaftar yakni Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Parpol pertama yang mendaftarkan calegnya ke KPU Tangsel yang berlokasi di Jalan Raya Serpong, Setu, Kota Tangsel adalah PKS pada Kamis 11 Mei 2023 sekitar pukul 08.00 WIB. 

Anggota KPU Divisi Hukum dan Pengawasan Achmad Mujahid Zein mengatakan kalau dua parpol yang mendaftar pertama pada Kamis, 11 Mei 2023 adalah PKS dan PDIP.  

“Jumlah calegnya untuk kedua partai itu sudah 100 persen atau mendaftarkan 50 caleg dari kuota,” terang Jumat, 12 Mei 2023. 

Dia juga mengatakan selanjutnya parpol yang mendaftarkan calegnya ke KPU Tangsel adalah Partai NasDem diikuti oleh PSI. 

Sementara itu, Ketua KPU Tangsel M. Taufiq menambahkan tiga parpol yang mendaftarkan calegnya yakni  PKS, PDIP dan PSI, seluruh berkas administrasinya dinyatakan lengkap 100 persen.

“Kami sudah buatkan berita acara pendaftaran caleg tiga partai itu,” terangnya, Jumat 12 Mei 2023. Sedangkan untuk Partai NasDem ada yang kurang lengkap.

Yakni, Partai NasDem masih harus melengkapi ketersediaan kuota caleg perempuan. “Jadi belum bisa kita keluarkan tanda terima dan berita acaranya,” ujar Taufiq juga. 

Taufiq juga mengatakan, sejumlah parpol lainnya telah mengkonfirmasi mendaftarkan caleg mereka pada Jumat 12 Mei ini. 

Partai-partai yang akan mendaftar calegnya itu adalah Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) dan Partai Golongan Karya (Golkar).

Untuk diketahui, pendaftaran caleg oleh parpol ke KPU dibuka sejak 1 Mei 2023 hingga 14 Mei 2023 atau tiga hari lagi. 

“Kami membuka pendaftaran caleg pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Sedangkan untuk akhir pendaftara yakni Minggu kami buka mulai pukul 08.00 WIB-23.59 WIB,” ujarnya juga. 

Taufiq juga mengatakan usai pembukaan pendaftaran caleg, maka pada tanggal 15-23 Mei 2023 akan diadakan penelaaan dan keabsahan berkas administrasi caleg.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kota Tangsel Wanto Sugito mengatakan pihaknya mendaftarkan 50 caleg yang terdiri dari 32 caleg pria dan 18 caleg perempuan. 

Dia mengatakan pihaknya menargetkan 14 kursi DPRD Kota Tangsel bisa diraih saat Pemilu 2024 nanti. 

“Target DPC PDIP Tangsel untuk Pemilu Legislatif 2024 adalah 14 kursi. Jadi setiap dapil ditargetkan satu kursi. Untuk dapil Pamulang target paling banyak 5 kursi, paling sedikit empat,” terangnya. 

Pendaftaran caleg PDIP Kota Tangsel itu diikuti oleh 1.000 kader ke kantor KPU Tangsel. Akibat arak-arakan rombongan PDIP ini, berdampak kemacetan.