TANGSELIFE.COM – Ganjil Genap jalur Puncak, Kabupate Bogor akan diberlakukan hari ini, Jumat, 29 Desemebr 2023.

Hal ini dilakukan untuk mengurai kemacetan dan kepadatan lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada malam pergantian tahun baru 2024.

Penerapan ganjil genap jalur Puncak ini bagian dari rekayasa lalu lintas pada libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, mengatakan, hingga saat ini wisata di kawasan Puncak masih menjadi destinasi favorit.

Sehingga penerpaan ganjir genap jalur Puncak kerap dilakukan, setiap kali memasuki masa libur panjang.

“Kemairn itu ada 50 ribu kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak, sedangkan kapasitas jalur ini hanya 40 ribu kendaraan satu haru, maka diperlukan rekayasa lalu lintas,” ujarnya, Kamis, 28 Desember 2023.

Rekayasa lau lintas id kawasan puncak ini akan mulai diberlakukan pada 29 sampai 31 Desember 2023.

“Kemudian, kita akan melakukan pembatasan kendaraan yang akan melalui Puncak baik itu dari Gadog dari maupun arah Cianjur, pada jam 13.00 WIB tanggal 31 Desember 2023 kita akan menutup jalur yang akan ke Puncak,” ujar Aan.

Aan juga menyebutkan, akan ada juga penutupan jalur pada 31 Desember 2023, dari arah Jakarta, Bandung atau Cianjur dimulai pukul 18.00 WIB.

“Pada malamnya kita akan berlakukan Car Free Night (CFN) di sepanjang jalur puncak, dan beberapa tempat wisata untuk melepas Tahun 2023 oleh masyarakat di daerah Puncak,” jelasnya.

Dengan begitu, masyarakat yang akan berlibur di kawasan Puncak agar segera masuk ke kawasan Puncak sebelum penutupan jalur.

“Dan bagi warga yang tidak menginap di Puncak, disarankan lewat jalur alternatif, nanti akan ada petugas kami yang mengarahkannya,” pungkasnya.

Sopiyan
Editor