TANGSELIFE.COM- Kemunculan hewan mirip babi ngepet di Tangsel membuah geger warga.

Babi ngepet berwarna putih itu muncul di permukiman warga Gang Usuf, Jalan Asem, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.

Kemunculan hewan berkaki pendek itu terekam CCTV milik warga pada 28 April 2023, yang kemudian viral di media sosial.

Yang menarik, terekamnya hewan diduga babi itu dikaitkan dengan adanya sejumlah warga yang melaporkan kehilangan uang mereka.

Sontak, warga menduga jika hewan tersebut merupakan babi jadi-jadian atau babi ngepet yang sedang beraksi.

Hal ini didasarkan pada pengalaman warga yang pernah kehilangan uang pada tahun lalu.

Apalagi, warga mengaku tak satu pun dari mereka yang memelihara hewan jenis babi.

Warga yang merasa khawatir dan resah dengan kemunculan babi tersebut, memperketat keamanan pada malam hari untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Video rekaman babi ngepet itu juga sempat viral di Whatsapp grup warga.

Dalam rekaman CCTV tampak situasi di Gang Usup, Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang Selatan pada Jumat, 28 April 2023 malam.

Terlihat seekor hewan berwarna putih berjalan menyusuri permukiman warga.

Warga sekitar yang melihat rekaman CCTV itu lantas memberi komentar bahwa hewan di dalam video tersebut adalah seekor babi jadi-jadian atau yang kerap disebut dengan babi ngepet.

Beberapa warga di Gang Usuf juga melaporkan kehilangan beberapa jenis barang berharga lainnya selain uang.

“Beberapa orang yang kehilangan uang di wilayah sini. Tapi enggak tahu juga berapa banyaknya,” kata seorang wanita salah satu warga setempat.

Polisi Bantah Kemunculan Babi Ngepet di Tangsel

Polsek Pondok Aren memastikan bahwa kabar tentang babi ngepet berkeliaran di Gang Usuf tidak benar.

Setelah melakukan pemeriksaan dan olah tempat kejadian perkara (TKP), pihak kepolisian telah menemukan bukti kuat bahwa hewan yang diduga babi tersebut sebenarnya adalah seekor anjing.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari anggota Bhabinkamtibmas, Aiptu Subhanuddin, pihaknya telah memeriksa keterangan warga sekitar dan melakukan olah TKP.

Polisi juga berkoordinasi dengan warga serta ketua lingkungan di wilayah tersebut.

Hasilnya, setelah dilakukan pengecekan dan pencarian bukti di lokasi terkait isu babi berkeliaran di Gang Usuf, polisi menemukan bahwa hewan yang dimaksud bukanlah seekor babi, melainkan seekor anjing.

“Terkait video yang beredar yang diduga seekor babi, kami dari Polsek Pondok Aren langsung melakukan olah TKP,” kata Aiptu Subhanuddin.

“Setelah melakukan pemeriksaan dan pencarian bukti, ternyata hewan yang dimaksud adalah seekor anjing,” tambah kata Aiptu Subhanuddin pada hari Senin, 1 Mei 2023.

Menurut keterangan resmi dari Polsek Pondok Aren, pihak kepolisian telah melakukan pengecekan dan verifikasi terhadap informasi yang beredar.

Hasilnya menunjukkan bahwa informasi tersebut tidak benar dan hanya merupakan hoaks belaka.