TANGSELIFE.COM-Gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 6,6 mengguncang Laut Jawa tepatnya wilayah Tuban, Jawa Timur, Jumat 14 April 2023. 

Gempa dengan getaran cukup kuat itu terjadi sekitar pukul 16.55 WIB. Getaran gempa terasa hingga wilayah DKI Jakarta hingga Malimping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. 

Pada saat waktu bersamaan, warga yang tengah bekerja di sekitar Jakarta terutama di gedung-gedung tinggi merasakan guncangan cukup lama.

Dalam laporannya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berlokasi di 6.29 LS,111.92 BT atau 68 km Barat Laut Tuban.

“Gempa berada di kedalaman 632 kilometer,” tulis BMKG melalui akun Twitter resminya.

#Gempa Mag:6.6, 14-Apr-23 16:55:44 WIB, Lok:6.29 LS,111.92 BT (68 km BaratLaut TUBAN-JATIM), Kedlmn:632 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG pic.twitter.com/UQMAA6TL9p

Gempa tidak berpotensi tsunami. Belum ada laporan mengenai dampak gempa, namun masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan.

Catatan BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi di Laut Jawa itu merupakan jenis gempa bumi dalam.

Gempa bumi itu timbul akibat adanya aktivitas deformasi slab pull pada lempeng Indo-Australia yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa. 

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun atau normal fault. 

Gempa Bumi Terasa di Kuta

BMKG menginformasikan gempa bumi dirasakan sampai di Kuta, Karangkates, Trenggalek, Tuban, Garut, Kediri, Malang, Surabaya, Tulungagung, Pacitan, dan  Gianyar.

Gempa juga dirasakan warga di Pelabuhan Ratu, Labuan, Tabanan, Magelang, Bantul, Gunungkidul,  Purworejo, Wonogiri, Purwokerto, Solo, Klaten, Wonosobo, Purbalingga, Temanggung.

Selain itu getaran gempa juga dirasakan di Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa, Dompu, dan Bima.

BMKG menyampaikan, kedalaman gempa 632 Kilometer dan tidak berpotensi tsunami dan hingga kini belum ada gempa susulan.