TANGSELIFE.COM – Gempa di Jepang juga picu peringatan tsunami hingga ke Rusia dan Korea Selatan (Korsel), gempa itu berkekuatan magnitudo 7,5 itu terjadi pada Senin, 1 Januari 2024.

Dilansir dari AFP, gempa itu terasa Pulau Sakhalin di Rusia yang dekat Jepang dan Kota Vladivostok juga berada dalam status ‘waspada’ tsunami.

Gempa di Jepang ini, juga berdampak pada pulau tersebut, dan disebut kemungkinan terkena dampak gelombang tsunami.

Pemerintah kota di Vladivostok juga mengumumkan peringatan dan memerintahkan para nelayan segera kembali ke pantai.

Bahkan gempa di Jepang juga mengguncang Korsel dengan ketinggian 45 cm.

Badan Meteorologi Korea Selatan mengatakan tsunami terjadi setelah gempa besar yang melanda Jepang.

Dilansir Reuters, badan tersebut memperingatkan tsunami dapat berkembang setelah gelombang awal dan mungkin berlanjut selama lebih dari 24 jam.

Hingga Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan Korsel juga menyebut Pemerintah Provinsi Gangwon telah memperingatkan warga untuk mengambil mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Badan Meteorologi Korea Selatan juga menyebutkan permukaan air laut di beberapa bagian provinsi Gangwon di pantai timur.

Diketahui juga ada kemungkinan akan naik setelah gempa bumi berkekuatan awal 7,5 melanda Jepang tengah bagian utara.

Dampak Gempa di Jepang, Pembangkit Listrik Nuklir Aman

Terkini, Pemerintah Jepang juga mengatakan pembangkitan listrik tenaga nuklir di Ishikawa masih aman.

“Dapat dipastikan tidak ada kelainan atau kerusakan di pembangkit listrik tenaga nuklir hingga saat ini,” ujar juru bicara pemerintah Yoshimasa Hayashi seperti dilansir AFP.

Sebanyak 30 ribu rumah dan bangunan di Prefektur Ishikawa, Niigata, dan Toyama terpaksa mengalami mati listrik hingga beberapa jam imbas gempa dahsyat.

 

Sopiyan
Editor